Buah Zakar Kepanasan, Penyebab Infertilitas Pria

Nurul Ulfah - detikHealth
Senin, 06/07/2009 09:03 WIB
Halaman 1 dari 2
(Dok. Fertility-Solutions)
Jakarta, Pria sebaiknya berhati-hati bila terlalu lama mengendarai motor atau duduk di jok mobil. Bukan apa-apa, masalahnya bagian terpenting dalam tubuh Anda yang jadi taruhannya.

Ya, jika Anda mempunyai pekerjaan yang menyebabkan alat reproduksi Anda kepanasan selama berjam-jam atau bahkan seharian, seperti berkendara motor, berhati-hatilah untuk kemungkinan buruk yang dapat menimpa alat reproduksi Anda.

Prof DR Dr Nukman Moeloek Sp And mengatakan bahwa keadaan buah zakar yang terkena panas selama berjam-jam atau bahkan seharian dapat meningkatkan infertilitas pada pria.

"Suhu normal buah zakar adalah 34 derajat celcius, bila terjadi kenaikan suhu sedikit saja, sekitar 36-38 derajat celcius, dan keadaan ini terjadi selama berjam-jam, dapat menyebabkan 'varicocele' yang merupakan penyebab utama ketidaksuburan pada pria," ujar guru besar Andrologi dan Biologi Kedokteran FKUI tersebut ketika ditemui detikHealth 30 Juni 2009.

Infertilitas pada pria memang menjadi masalah yang cukup meresahkan, terutama ketika mereka sudah berpasangan. Menurut Prof. Dr.Ismail Tambi dari Universitas Kebangsaan-Kuala Lumpur, sebanyak 15% pasangan suami istri mengalami masalah infertilitas, dan 30-50%-nya disebabkan oleh laki-laki yang tidak subur.

"Hal ini disebabkan karena umumnya laki-laki masih belum terbuka menjalani berbagai pemeriksaan berhubungan dengan masalah kesehatan reproduksi," ujar Prof Tambi di acara seminar "Variasi Genetik dan Implikasinya Pada Masalah Kesehatan Reproduksi".

Masalah reproduksi yang umumnya dialami pria, salah satunya adalah 'retrograde ejaculation', yaitu masalah yang muncul ketika sudah mencapai klimaks, tapi tidak dapat mengeluarkan sperma. Next

Halaman 1 2
(fah/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit