detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

Konsultasi Bedah
Dr. A. Sigit Tjahyono, Sp.B, Sp.BTKV (K)

Dr. A. Sigit Tjahyono, Sp.B, Sp.BTKV (K) adalah dokter Spesial Bedah, Minimal Invasive Surgeon, Konsultan Bedah Thoraks dan Kardiovaskular. Praktek di RS PURI INDAH PONDOK INDAH, Jl. Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222.

Benjolan di Leher, Haruskan Dioperasi?

Jumat, 24/07/2009 11:02 WIB
(Foto: BBC)
Dokter, saya mau tanya kenapa saat badan saya panas atau merasa tidak enak badan, ada benjolan di leher. Saya sudah ke dokter umum, disarankan untuk ke dokter bedah, apakah benjolan di leher itu harus selalu dioperasi?

Yopi, Jakarta
email: lunatic@yahoo.com


Jawaban


Menurut data statistik, benjolan pada leher kiri dan kanan disertai panas adalah kelenjar getah bening yang membesar. Hal ini bisa disebabkan oleh infeksi spesifik seperti TBC atau infeksi oleh kuman bukan TBC. Bisa juga disebabkan oleh adanya keganasan (malignancy). Dokter yang memerika pasien dengan keluhan seperti itu biasanya akan melakukan tanya jawab yang detil. Pemeriksan dilanjutkan dengan diraba, untuk melihat apakah ikut dalam proses menelan atau dikiri kanan leher.

Bila ikut dalam proses menelan maka yang sakit adalah organ thyroid tetapi bila tidak maka yang membesar adalah kelenjar getah bening. Setelah itu akan dilakukan cek darah, dan rontgen paru paru. Bila diperlukan, pasien diminta melakukan pemeriksaan dengan test mantuox untuk mengetahui ada tidaknya proses spesifiknya. Pasien akan diberikan pengobatan dengan obat antibiotik yang perlu diminum selama 2 minggu.

Bila benjolan tidak menghilang setelah pengobatan tersebut, pasien disarankan untuk melakukan biopsy. Biopsy adalah tindakan untuk mengambil jaringan tertentu. Ada yang dilakukan dengan jarum dan ada yang dilakukan melalui operasi. Selanjutnya jaringan yang diambil akan diperiksa dengan mikroskop untuk mendeteksi ada tidaknya keganasan. Nilai kebenaran hasil pemeriksaan yang didapat melalui biopsy mendekati angka 100.

Dr. A. Sigit Tjahyono, Sp.B, Sp.BTKV (K)
Spesial Bedah, Minimal Invasive Surgeon, Konsultan Bedah Thoraks dan Kardiovaskular. Praktek di RS PURI INDAH-PONDOK INDAH, Jl. Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222
(ir/ir)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit