detikhealth

Khasiat Teh Hijau Cegah Kanker Belum Terbukti

Vera Farah Bararah - detikHealth
Senin, 03/08/2009 10:05 WIB
(Foto: quintessential)
Jakarta, Teh hijau dipercaya berkhasiat mencegah kanker. Namun penelitian yang ada hanya menemukan bukti yang terbatas bahwa teh hijau bisa mengurangi risiko kanker hati. Namun kebiasaan minum teh hijau baik untuk dilakukan.

Teh hijau saat ini dikenal aman dan mempunyai rasa yang nikmat. Tapi jika khasiatnya untuk mencegah kanker, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Penelitian baru-baru ini mengungkapkan lebih dari 1,6 juta orang yang ditemukan memiliki bukti yang terbatas bahwa teh hijau mungkin bisa mencegah beberapa tipe kanker.

"Kami bisa katakan bahwa konsumsi teh hijau bisa dihitung tidak sama sekali terbukti untuk mencegah kanker secara sendiri," ujar Dr Katja Boehm dari Unconventional and Complementary Methods in Oncology Study Group di Nuremberg, Jerman, seperti dikutip dari Reuters, Senin (3/8/2009).

"Kekurangan studi intervensional pada kasus ini, dimana banyak tuntutan kesehatan yang telah dibuat pada masa lalu, itu merupakan satu hal yang paling penting untuk diperhatikan dalam proses terjadinya kanker," tambahnya.

Investigasi mengenai konsumsi teh hijau dan kanker pada sistem pencernaan memberikan hasil yang bertentangan, Boehm dan rekan menemukan bukti yang terbatas bahwa teh hijau bisa mengurangi risiko kanker hati, tapi bukti yang berlawanan ditemukan pada kanker lain yang terlibat dalam sistem pencernaan.

Untuk kanker prostat, peneliti menemukan kualitas tinggi yang mendukung hubungan antara konsumsi teh hijau pada minuman atau dari ekstraknya dengan risiko yang rendah. 47 penelitian yang telah dilakukan di Asia, menurut Boehm dan rekan, dimana konsumsi teh hijau lebih sering dibandingkan daerah manapun.

"Hal ini tidak bisa untuk menyamaratakan penemuan ini keseluruh dunia, karena ini telah menjadi kebudayaan di Asia," ujarnya.

Untuk mendapatkan jawaban yang lebih baik pada teh hijau dan pencegahan kanker, tambahnya, memerlukan studi yang lebih besar yang bisa memadai hubungan antara konsumsi teh hijau dengan pencegahan kanker.

"Kami harus bertujuan menciptakan bukti yang lebih memadai lagi untuk membicarakan tentang hubungan tersebut. Pendanaan dan infrastruktur untuk percobaan klinis tetap menjadi tantangan utama untuk masa depan," ungkap Boehm.

Walau demikian, Boehm dan rekan berkesimpulan, orang yang menikmati meminum teh hijau tetap harus diteruskan. "Meminum teh hijau akan tetap aman jika dikonsumsi secara teratur dan tidak berlebihan, dengan dosis yang direkomendasikan sekitar 1200 mililiter per hari atau setara dengan 5-6 cangkir sehari," ungkapnya.

Rekomendasi Obat


(ver/ir)

Punya pengalaman diet yang menginspirasi ? Ceritakan pengalamanmu disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit