detikhealth

Khasiat Teh Hijau Cegah Kanker Belum Terbukti

Vera Farah Bararah - detikHealth
Senin, 03/08/2009 10:05 WIB
Halaman 1 dari 2
(Foto: quintessential)
Jakarta, Teh hijau dipercaya berkhasiat mencegah kanker. Namun penelitian yang ada hanya menemukan bukti yang terbatas bahwa teh hijau bisa mengurangi risiko kanker hati. Namun kebiasaan minum teh hijau baik untuk dilakukan.

Teh hijau saat ini dikenal aman dan mempunyai rasa yang nikmat. Tapi jika khasiatnya untuk mencegah kanker, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Penelitian baru-baru ini mengungkapkan lebih dari 1,6 juta orang yang ditemukan memiliki bukti yang terbatas bahwa teh hijau mungkin bisa mencegah beberapa tipe kanker.

"Kami bisa katakan bahwa konsumsi teh hijau bisa dihitung tidak sama sekali terbukti untuk mencegah kanker secara sendiri," ujar Dr Katja Boehm dari Unconventional and Complementary Methods in Oncology Study Group di Nuremberg, Jerman, seperti dikutip dari Reuters, Senin (3/8/2009).

"Kekurangan studi intervensional pada kasus ini, dimana banyak tuntutan kesehatan yang telah dibuat pada masa lalu, itu merupakan satu hal yang paling penting untuk diperhatikan dalam proses terjadinya kanker," tambahnya.

Investigasi mengenai konsumsi teh hijau dan kanker pada sistem pencernaan memberikan hasil yang bertentangan, Boehm dan rekan menemukan bukti yang terbatas bahwa teh hijau bisa mengurangi risiko kanker hati, tapi bukti yang berlawanan ditemukan pada kanker lain yang terlibat dalam sistem pencernaan.

Untuk kanker prostat, peneliti menemukan kualitas tinggi yang mendukung hubungan antara konsumsi teh hijau pada minuman atau dari ekstraknya dengan risiko yang rendah. 47 penelitian yang telah dilakukan di Asia, menurut Boehm dan rekan, dimana konsumsi teh hijau lebih sering dibandingkan daerah manapun.

"Hal ini tidak bisa untuk menyamaratakan penemuan ini keseluruh dunia, karena ini telah menjadi kebudayaan di Asia," ujarnya.Next

Halaman 1 2
(ver/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit