detikhealth

Kontroversi Pendirian Bank ASI

Nurul Ulfah - detikHealth
Senin, 03/08/2009 12:12 WIB
Halaman 1 dari 4
(Foto: eHow)
Bogor, Seperti layaknya bank yang mengatur dan menyediakan stok uang, kini ASI pun dirasa perlu tersedia dalam bentuk bank atau yang dikenal dengan bank ASI. Namun hal ini masih mengundang kontroversi. Mengapa?

Kesulitan para ibu memberikan ASI untuk anaknya menjadi salah satu pertimbangan mengapa bank ASI perlu didirikan, terutama di saat krisis seperti pada saat bencana yang sering membuat ibu-ibu menyusui stres dan tidak bisa memberikan ASI pada anaknya.

Hal ini disampaikan dr Asti Praborini SpA, IBCBC dalam acara lokakarya tentang ASI yang bertepatan dengan hari pertama pekan ASI sedunia yag digelar di Hotel Novotel Bogor, 1-2 Agustus 2009.

"Indonesia sebaiknya segera mendirikan bank ASI seperti negara Kuwait yang sudah memilikinya. Hal ini untuk membantu para ibu terutama mereka yang tidak bisa memberikan ASI karena faktor stres pasca bencana," ujar dokter yang tergabung dalam Perhimpunan Perinatologi Indonesia (PERINASIA).

Bank ASI juga diharapkan dapat mengurangi serbuan susu formula yang saat ini banyak sekali diiklankan oleh produsen-produsen susu untuk bayi di bawah 2 tahun. Hal ini sedikit banyak mempengaruhi ibu dalam pemberian ASI.

"Gencarnya iklan-iklan produk susu formula jelas sangat mengganggu program ASI yang seharusnya diberikan ibu hingga anak berumur 2 tahun. Banyak ibu yang tergoda memberikan susu formula padahal anaknya baru berusia beberapa bulan," ujar Asti.

Padahal menurut Asti, susu formula yang diberikan pada bayi di bawah 2 tahun cukup berbahaya. Hal ini disebabkan karena kandungan gizinya yang tidak tepat, komposisinya yang dimodifikasi agar mirip dengan ASI, adanya tambahan zat yang berbahaya untuk bayi, dan yang paling penting adalah masalah sanitasi (air dan pencucian botol) pada pembuatan susu formula tersebut.Next

Halaman 1 2 3 4
(fah/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit