Konsultasi Kesehatan Bersama
Dr. Samuel L. Simon, SpKK

Dr. Samuel L. Simon, SpKK adalah spesialis kulit dan kelamin yang berpraktik di Siloam Semanggi Specialist clinic Plasa Semanggi Jakarta dan Omni International Hospital. Dr Simon mempunyai pengalaman medis internasional dan telah berpartisipasi dalam kongres serta training dermatologi dan estetika di Paris, Las Vegas, Monte Carlo, Korea, Jerman, dan banyak tempat lainnya.

Cara Menghilangkan Keloid

Selasa, 04/08/2009 10:05 WIB
(Foto: aafp.org)
Dok, saya mau tanya tentang cara menghilangkan atau mencegah keloid yang tumbuh membesar. Saya mempunyai keloid di lengan kiri saya sejak sekitar 6 tahun lalu. Dokter menyarankan untuk dibakar atau dibedah saja, tapi ada kemungkinan bisa tumbuh lagi. Apa ada ada cara lain dengan obat atau salep? Terima kasih.

Riani Nurainah (single 23 tahun)
Email: riani.nurainah@gmail.com


Jawaban

Ada beberapa cara untuk menghilangkan keloid, antara lain disuntik, dioperasi atau diberikan salep, tergantung dari besar, dan lokasi.

Dibakar (kauter) bukan pilihan yang baik untuk menghilangkan keloid, sedangkan kalau dibedah harus oleh dokter yang betul tahu bagaimana menjahitnya. Kemungkinan untuk timbul kembali setelah dibedah memang ada, tapi bisa kita kurangi dengan cara disuntik sebelum keloidnya kembali membesar.

Dr. Samuel L Simon SpKK


Siloam Semanggi Specialist clinic
Plasa Semanggi, Lantai 7
Telp. +62-21-25539326/7

Omni International Hospital
Jl. Alam Sutera Boulevard Kav. 25
Serpong, Tangerang(ir/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit