detikhealth

Apa yang Orang Pikirkan Ketika Mandi?

Vera Farah Bararah - detikHealth
Rabu, 05/08/2009 08:05 WIB
Apa yang Orang Pikirkan Ketika Mandi?(Foto: noracaron)
Jakarta, Mandi merupakan rutinitas wajib agar tubuh sehat dan tidak bau. Tapi mandi ternyata bukan sekedar pakai sabun, sampho, sikat gigi. Karena waktu mandi banyak pikiran-pikiran yang terlintas.

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Water Pik Incorporation mengenai kebiasaan mandi dan pikiran apa saja yang terlintas ketika seseorang mandi, ternyata wanita dan pria memikirkan hal yang berbeda ketika mandi.

Studi yang dilakukan terhadap 1.000 orang Amerika tersebut menyatakan bahwa kebanyakan pria berpikir tentang pekerjaan, seks dan melamun saat bersabun. Sementara itu, wanita cenderung memikirkan masalah pribadi, pekerjaan dan juga berat badan.

Sebanyak 66 persen pria pun mengaku sangat mengharapkan mandi bersama seorang wanita yang sudah sangat dekat dengannya. Hal ini menurut mereka dapat menurunkan ketegangan pikiran dan stres setelah seharian berkutat dengan pekerjaan.

Terlepas dari masalah pekerjaan yang sama-sama mengisi benak pria maupun wanita, pria ternyata lebih menikmati acara mandi ketimbang wanita, meskipun wanita membutuhkan waktu sekitar dua menit lebih lama ketimbang pria saat mandi.

Dikutip dari Lemondrop, Rabu (5/8/2009), selain bersabun, bershampo, menyikat gigi, dan berpikir tentang kehidupan sehari-hari, satu hal yang umumnya dilakukan orang saat mandi adalah bernyanyi.

Tiga perempat responden yang turut berpartisipasi dalam penelitian itu mengaku bernyanyi ketika menyabuni tubuh. Bernyanyi kerap mereka lakukan untuk bersantai sejenak dan menenangkan diri dari segala masalah.

Survei yang dilakukan oleh para peneliti pun mengungkapkan bahwa menutup pasta gigi adalah kegiatan menjengkelkan kedua setelah tidak ada air atau tidak keluarnya air ketika akan mandi atau bershower.

Air memang kebutuhan yang paling mendasar, kesulitan air mungkin saja membuat orang menjadi jengkel dan akhirnya stres. Air juga diketahui dapat menenangkan pikiran dan melepas lelah dari tubuh melaui percikannya.

Percikan-percikan air yang jatuh ke badan dan menyentuh kulit akan merangsang saraf-saraf di dalam tubuh dan membuat pembuluh darah lancar sehingga menurunkan resiko orang terkena gangguan kesehatan.

Itulah mengapa mandi disebut sebagai aktivitas yang menyehatkan, bukan hanya sekedar kegiatan membilas kotoran yang menempel di tubuh saja.

Terlepas dari kebiasaan mandi dan pikiran yang berbeda-beda antara pria dan wanita, mandi adalah kegiatan yang menyenangkan. Lepaskan beban di tubuh dan pikiran Anda saat mandi, dan nikmati apapun yang Anda pikirkan saat itu.

Coba Anda ingat-ingat tadi berpikir soal apa ketika mandi?

Rekomendasi Obat


(ver/ir)


Ikuti survei online detikHealth berhadiah paket dari SOHO dan merchandise di sini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit