detikhealth
Konsultasi Anak
Dr Aditya Suryansyah Sp. A

Dr Aditya Suryansyah Sp A adalah dokter spesialis anak yang berpraktik di RSAB Harapan Kita Jakarta dan RSIA Buah Hati Ciputat. (Periode konsultasi: 7 Juli 2009 hingga Maret 2013)

Alergi Bercak Merah Pada Bayi

Irna Gustia - detikHealth
Senin, 10/08/2009 11:36 WIB
Ilustrasi
Jakarta, Pagi Dok, saya baru punya anak pertama, umurnya sekarang 1,5 bulan, saya mau menanyakan bagaimana cara menghilangkan flek-flek merah akibat terkena ASI pada pipi & dagu anak saya. Tolong solusinya dan apa nama obatnya, sebelumya saya ucapkan terima kasih.

Nanang Hidayat
email: nanangdayat@yahoo.co.id


Jawaban

Bercak merah dipipi adalah penyakit alergi kulit yang disebut dermatitis atopi. Penyebabnya bukan disebabkan dari ASI yang menempel dikulit. Penyebab tersering adalah pemberian susu sapi( susu botol). Namun dapat juga terjadi pada bayi yang hanya diberikan ASI dapat mengalami seperti ini.

Menurut kepustakaan penyebab tersering adalah ibu yang mengkonsumsi susu (seperti minum susu ibu menyusui). Untuk menghilangkan bercak merah dikulit cobalah bawa ke dokter, namun yang perlu dicari penyebab mengapa bayi menjadi alergi tersebut.

Dr Aditya Suryansyah SpA
RSAB Harapan Kita, Jln Let Jen.S Parman Kav 87, Slipi, Jakarta Barat, Telp 5668284
RSIA Buah Hati, Jln Aria Putra 399, Sarua Indah, Ciputat, Telp 7463856
(ir/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit