detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

Konsultasi Bedah
Dr. Hermansyur Kartowisastro, SpB-KBD

Dr. Hermansyur Kartowisastro, SpB-KBD adalah Dokter Spesialis Bedah, Konsultan Bedah Digestif, Minimal Invasive Surgeon. Praktik di RS PONDOK INDAH PONDOK INDAH Jakarta dan Klinik Saluran Cerna RS PURI INDAH PONDOK INDAH Jakarta Barat.

Apakah Ambeien Harus Selalu Dioperasi?

Rabu, 12/08/2009 11:20 WIB
Halaman 1 dari 2
Ilustrasi (tfd.com)
Pertanyaan Ibu Syyvia :
(1). 1 bulan yang lalu saya ada operasi usus buntu dan penganggkatan ovarium yang sebelah kanan. Kata dokternya ini perlu dioperasi karena takut menjalar ke ovarium saya yang diselah kiri. Pertanyaan saya, Kenapa setelah operasi bekasi jahitannya sampe sekarang masih terasa nyeri?
(2). Apakah ambein kalo udah keluar harus dioperasi? kira-kira berapa dana yang harus disiapkan? Terimakasih dok.

email: silvya_gtg@yahoo.com

Pertanyaan Bp. Aryo :
Dokter saya menderita wasir sudah cukup lama. Setahun yang lalu gara-gara ikut fitnes, wasir saya keluar. Tapi saya tidak merasakan sakit atau perih saat BAB dan tidak mengganggu kegiatan sehari-hari sama sekali, apakah perlu dioperasi atau ada obat wasir yang tanpa operasi?

email: aryo_jkt@yahoo.com


Jawaban untuk Ibu Sylvia dan Bp Aryo:

Wasir atau ambeien, atau haemorrhoid atau pile adalah lapisan selaput lendir di daerah lubang pelepasan yang menjadi lemah dan kendur (inelastic) yang umumnya terjadi karena buang air besar yang tak teratur dan sering mengejan.

Ada 2 jenis wasir yaitu wasir luar (haemorrhoid externa) dan wasir dalam (haemorrhoid interna). Wasir luar diliputi oleh kulit dan tak dapat dimasukkan. Jadi, selalu ada di luar, tidak selalu menimbulkan keluhan dan menyebabkan perdarahan. Wasir dalam diliputi oleh selaput lendir pada stadium 1 terjadi perdarahan saat buang air besar, tak ada rasa sakit dan darahnya segar (warnanya merah segar); pada stadium 2, wasir keluar dan masuk kembali sendiri tanpa didorong (tak selalu terjadi perdarahan); pada stadium 3 wasir keluar dan harus dikembalikan dengan dorongan tangan; sedangkan pada stadium 4 wasir keluar dan tak dapat dimasukkan, biasanya disertai rasa sakit.Next

Halaman 1 2
(ir/ir)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit