detikhealth

Konsultasi Bedah
Dr. Hermansyur Kartowisastro, SpB-KBD

Dr. Hermansyur Kartowisastro, SpB-KBD adalah Dokter Spesialis Bedah, Konsultan Bedah Digestif, Minimal Invasive Surgeon. Praktik di RS PONDOK INDAH PONDOK INDAH Jakarta dan Klinik Saluran Cerna RS PURI INDAH PONDOK INDAH Jakarta Barat.

Apakah Ambeien Harus Selalu Dioperasi?

Rabu, 12/08/2009 11:20 WIB
Apakah Ambeien Harus Selalu Dioperasi?Ilustrasi (tfd.com)
Pertanyaan Ibu Syyvia :
(1). 1 bulan yang lalu saya ada operasi usus buntu dan penganggkatan ovarium yang sebelah kanan. Kata dokternya ini perlu dioperasi karena takut menjalar ke ovarium saya yang diselah kiri. Pertanyaan saya, Kenapa setelah operasi bekasi jahitannya sampe sekarang masih terasa nyeri?
(2). Apakah ambein kalo udah keluar harus dioperasi? kira-kira berapa dana yang harus disiapkan? Terimakasih dok.

email: silvya_gtg@yahoo.com

Pertanyaan Bp. Aryo :
Dokter saya menderita wasir sudah cukup lama. Setahun yang lalu gara-gara ikut fitnes, wasir saya keluar. Tapi saya tidak merasakan sakit atau perih saat BAB dan tidak mengganggu kegiatan sehari-hari sama sekali, apakah perlu dioperasi atau ada obat wasir yang tanpa operasi?

email: aryo_jkt@yahoo.com


Jawaban untuk Ibu Sylvia dan Bp Aryo:

Wasir atau ambeien, atau haemorrhoid atau pile adalah lapisan selaput lendir di daerah lubang pelepasan yang menjadi lemah dan kendur (inelastic) yang umumnya terjadi karena buang air besar yang tak teratur dan sering mengejan.

Ada 2 jenis wasir yaitu wasir luar (haemorrhoid externa) dan wasir dalam (haemorrhoid interna). Wasir luar diliputi oleh kulit dan tak dapat dimasukkan. Jadi, selalu ada di luar, tidak selalu menimbulkan keluhan dan menyebabkan perdarahan. Wasir dalam diliputi oleh selaput lendir pada stadium 1 terjadi perdarahan saat buang air besar, tak ada rasa sakit dan darahnya segar (warnanya merah segar); pada stadium 2, wasir keluar dan masuk kembali sendiri tanpa didorong (tak selalu terjadi perdarahan); pada stadium 3 wasir keluar dan harus dikembalikan dengan dorongan tangan; sedangkan pada stadium 4 wasir keluar dan tak dapat dimasukkan, biasanya disertai rasa sakit.

Apakah pengobatan wasir perlu ditangani melalui operasi atau tidak, bergantung pada stadium wasir yang dialami. Yang terpenting adalah pada waktu pengobatan maupun setelah pengobatan pasien dapat menjaga agar selalu buang air besar secara teratur dengan feses yang berbentuk lunak. Untuk itu, pasien perlu banyak minum dan makan makanan yang kaya serat.

Wasir stadium 1 umumnya dapat diobati dengan mengatur buang air besar dan beberapa jenis obat. Pada stadium 2, selain obat dapat dilakukan pengikatan (ligasi) atau penyuntikan dengan obat tertentu. Sedangkan pada stadium 3 dan 4 umumnya harus dioperasi.

Jadi, untuk mengatasi wasir perlu ditentukan terlebih dahulu apakah wasir luar atau dalam dan kemudian ditentukan stadiumnya. Mungkin yang ditanyakan oleh Ibu Sylvia adalah wasir dalam stadium 3. Bila memang demikian, perlu dioperasi. Saat ini ada alat yang sekali pakai yang dapat sangat mengurangi rasa sakit dibandingkan dengan cara operasi yang lama, dengan lama perawatan dan waktu penyembuhan yang jauh lebih singkat. Biayanya tentu berbeda antara tiap-tiap rumah sakit tetapi alatnya memang relatif mahal, berkisar antara 2 hingga 4 juta rupiah.

Menjawab pertanyaan Bp. Aryo, wasir yang sudah lama dan tak keluar masuk serta tanpa rasa sakit umumnya wasir luar dan lebih merupakan kulit berlebih di lubang anus. Dalam keadaan ini tak ada indikasi untuk operasi tetapi bila ada keluhan atau rasa sakit, perlu diperiksa oleh dokter untuk kemudian dilihat apakah perlu dioperasi atau tidak.

Adapun menjawab pertanyaan Ibu Sylvia mengenai bekas jahitan paska bedah yang masih terasa nyeri setelah 1 bulan dioperasi, proses penyembuhan biasanya berlangsung antara 12 minggu s/d 3 bulan. Rasa sakit yang masih ada akan berangsur-angsur berkurang sampai benar-benar sembuh sempurna.Terkadang, proses penyembuhan disertai rasa sakit seperti tertarik yang lama kelamaan berkurang dan hilang. Hal ini disebabkan semacam kramp dari otot yang dipotong atau disayat saat operasi dan memerlukan waktu penyembuhan.

Dr. Hermansyur Kartowisastro, SpB-KBD
Dokter Spesialis Bedah, Konsultan Bedah Digestif, Minimal Invasive Surgeon, Praktik di RS PONDOK INDAH PONDOK INDAH (Lantai 1) Jl. Metro Duta Kav UE Pondok Indah, Jakarta. Telepon 021 765 7525 Ext 1314/1251 dan Klinik Saluran Cerna RS PURI INDAH PONDOK INDAH Jl. Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222.
 
(ir/ir)


Punya pengalaman menarik seputar diet ? Kirimkan disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit