detikhealth
Konsultasi Kesehatan Bersama
Dr. Hermansyur Kartowisastro, SpB-KBD

Dr. Hermansyur Kartowisastro, SpB-KBD adalah Dokter Spesialis Bedah, Konsultan Bedah Digestif, Minimal Invasive Surgeon. Praktik di RS PONDOK INDAH PONDOK INDAH Jakarta dan Klinik Saluran Cerna RS PURI INDAH PONDOK INDAH Jakarta Barat.

Dampak Operasi Usus Buntu

Kamis, 13/08/2009 11:37 WIB
Ilustrasi
Dokter, 6 bulan yang lalu saya pernah menjalani operasi aphendik (usus buntu). Sebelum operasi, berat badan saya normal di bawah 50 kg. Tapi setelah operasi berat badan saya naik 56 kg, padahal makan saya hanya sedikit.

Teman-teman saya pun juga heran kenapa berat badan saya terus bertambah padahal makan saya lebih sedikit jika dibandingkan dengan porsi makan teman-teman saya. Yang ingin saya tanyakan apakah ada efek yang negatif dari pasca operasi aphendik seperti berat badan menjadi bertambah? dan kenapa berat badan saya terus bertambah padahal makan saya hanya sedikit? Terima kasih

Ima, ima_diriku19@yahoo.co.id


Jawaban


Operasi apendiks tidak ada hubungan langsung dengan penambahan berat badan. Kemungkinan besar, terjadi perbaikan proses pencernaan (metabolisme) setelah operasi pengangkatan apendiks karena keluhan penyakit berkurang. Saat ini tidak dikenal adanya efek negatif terhadap pengangkatan apendiks. Untuk menghindari penambahan berat badan, sebaiknya Anda dapat mulai mengatur pola makan dan bila perlu konsultasi dengan ahli gizi.

Dr. Hermansyur Kartowisastro, SpB-KBD
Dokter Spesialis Bedah, Konsultan Bedah Digestif, Minimal Invasive Surgeon, Praktik di RS PONDOK INDAH PONDOK INDAH (Lantai 1) Jl. Metro Duta Kav UE Pondok Indah, Jakarta. Telepon 021 765 7525 Ext 1314/1251 dan Klinik Saluran Cerna RS PURI INDAH PONDOK INDAH Jl. Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222.
 
(ir/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit