detikhealth
Konsultasi Kesehatan Bersama
Dr. Hermansyur Kartowisastro, SpB-KBD

Dr. Hermansyur Kartowisastro, SpB-KBD adalah Dokter Spesialis Bedah, Konsultan Bedah Digestif, Minimal Invasive Surgeon. Praktik di RS PONDOK INDAH PONDOK INDAH Jakarta dan Klinik Saluran Cerna RS PURI INDAH PONDOK INDAH Jakarta Barat.

Benjolan di Dubur, Perlukan Dioperasi?

Selasa, 18/08/2009 10:50 WIB
(Foto: daviddarling.info)
Dokter, Ada benjolan seperti jerawat di bagian Rectum, sudah lebih 1 bulan. Awalnya seperti jerawat yang kalau di pencet sakit, namun sekarang seperti mengeras dan benjolan di dalam daging, sakit tidak terasa. Yang mau saya tanyakan, apakah jenis penyakit ini dan berbahayakah untuk wanita? Saya sudah konsultasi ke dokter dan diberi obat, namun benjolan seperti biji tidak hilang. Minta penjelasannya dan cara pengobatan. Terimakasih.

Helmy (27 tahun), single
helmy2182@yahoo.com


Jawaban

Ada beberapa penyakit sekitar dubur yang bisa menjadi penyebab keluhan Anda. Sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis bedah untuk mengetahui penyebabnya. Berdasarkan keluhan Anda dokter akan membuat beberapa kemungkinan diagnosis (differential diagnosis) antara lain wasir luar yang mengalami thrombus (perdarahan yang membeku di bawah kulit) yang dalam proses menyembuh, kulit berlebih (skin tag), polip atau lainnya. Sekali lagi, saya anjurkan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter ahli bedah supaya dokter dapat mengetahui penyakit Anda, apakah berbahaya atau tidak, dan lalu memberikan solusi terbaik untuk menangani keluhan Anda.

Dr. Hermansyur Kartowisastro, SpB-KBD
Dokter Spesialis Bedah, Konsultan Bedah Digestif, Minimal Invasive Surgeon, Praktik di RS PONDOK INDAH PONDOK INDAH (Lantai 1) Jl. Metro Duta Kav UE Pondok Indah, Jakarta. Telepon 021 765 7525 Ext 1314/1251 dan Klinik Saluran Cerna RS PURI INDAH PONDOK INDAH Jl. Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222.
 
(ir/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit