detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

Konsultasi Anak
Dr Aditya Suryansyah Sp. A

Dr Aditya Suryansyah Sp A adalah dokter spesialis anak yang berpraktik di RSAB Harapan Kita Jakarta dan RSIA Buah Hati Ciputat. (Periode konsultasi: 7 Juli 2009 hingga Maret 2013)

Anak Sering Mimisan

Irna Gustia - detikHealth
Senin, 07/09/2009 10:01 WIB
(Foto: eHow)
Jakarta, Dok saya punya anak berumur 5 tahun, sejak umur kira kira 3 tahun kadang-kadang mimisan (hidung keluar darah) dan yang mimisan tersebut hanya yang disebelah kiri saja dan yang sebelah kanan tidak pernah mimisan. Apakah hal tersebut normal dan kenapa terjadi mimisan hanya disebelah kiri saja dok? Mohon informasinya.

Jonathan, sigit0304@gmail.com


Jawaban

Pecahnya pembuluh darah halus dirongga hidung dapat menimbulkan mimisan. Pecahnya pembuluh darah dihidung dapat berbagai macam penyebabnya karena infeksi, alergi, trauma, atau penyakit serius lainnya seperti kelainan darah.

Bila seorang anak pilek akan menimbulkan banyak sekret (lendir) dihidung, kemudian karena gatal tersebut hidung digosok-gosok, timbul pecah pembuluh darah kecil, akhirnya mimisan. Dapat pula karena demam yang tinggi, sehigga pembuluh darah kecil hidung juga pecah, dan timbul mimisan.

Mimisan pada anak bapak hanya satu tempat, kemungkinan struktur anatomi agak berbeda, seperti dinding hidung kiri dan kanan tidak sama (septum deviasi) atau lubang kiri lebih kecil dari kanan, sehingga sering pilek dan mimisan pada hidung kiri. Cobalah dibawa ke dokter THT untuk second opinion.

Dr Aditya Suryansyah SpA
RSAB Harapan kita , Jln Let Jen.S Parman Kav 87, Slipi, Jakarta Barat, Telp 5668284
RSIA Buah Hati, Jln Aria Putra 399, Sarua Indah, Ciputat, Telp 7463856
(ir/ir)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit