detikhealth
Konsultasi Kedokteran Olahraga
Dr. A. Sigit Tjahyono, Sp.B, Sp.BTKV (K)

Dr. A. Sigit Tjahyono, Sp.B, Sp.BTKV (K) adalah dokter Spesial Bedah, Minimal Invasive Surgeon, Konsultan Bedah Thoraks dan Kardiovaskular. Praktek di RS PURI INDAH PONDOK INDAH, Jl. Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222.

Benjolan di Bawah Dagu yang Kian Besar

Selasa, 08/09/2009 10:40 WIB
Ilustrasi (Foto: freshstart)
Dok, di bawah dagu saya (leher atas) ada semacam benjolan, saya kurang tahu itu massa atau kelenjar. Pada awalnya kecil tapi sekarang sudah teraba seperti kelereng. Saya tidak mengalami nyeri tekan dan nyeri menelan. Tapi disekitar benjolan itu sekarang tumbuh seperti jerawat-jerawat kecil. Walaupun memang wajah saya berjerawat, apabila saya cabut janggut didagu saya kenapa sakit padahal dulu tidak? Kira-kira apa yang harus saya lakukan? Apakah harus dioperasi? Terimakasih.

Faisal,dhyal_chyankyu_@yahoo.com


Jawaban


Terima kasih atas pertanyaannya, benjolan di bawah dagu biasanya dapat disebabkan oleh pembesaran kelenjar getah bening. Pembesaran ini karena infeksi yang non spesifik yang disebabkan oleh kuman banal (bakteri biasa) dan infeksi yang spesifik yang umumnya tidak hanya satu benjolan yang disebabkan oleh kuman Tubercoluse (TB).

Biasanya dokter akan memberikan antibiotik selama 1 minggu terlebih dahulu. Bila respons mengecil maka dokter akan meneruskan pemberian antibiotiknya selama 1 minggu lagi. Bila benjolan tidak menghilang setelah pemberian antibiotik, lebih baik dilakukan biopsi eksisi, yaitu mengambil benjolan yang membesar dan memeriksakannya ke patologi anatomi untuk melihat kepastian jenis nya dan ada tidaknya keganasan.

Jadi yang pertama-tama harus Anda lakukan adalah mengunjungi dokter bedah umum untuk mendapatkan solusi terbaik dalam menangani masalah tersebut.

Dr. A. Sigit Tjahyono, Sp.B, Sp.BTKV (K)

Spesial Bedah, Minimal Invasive Surgeon, Konsultan Bedah Thoraks dan Kardiovaskular. Praktek di RS PURI INDAH-PONDOK INDAH, Jl. Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222.
 
(ir/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit