detikhealth
Konsultasi Kesehatan Bersama
Dr Aditya Suryansyah Sp. A

Dr Aditya Suryansyah Sp A adalah dokter spesialis anak yang berpraktik di RSAB Harapan Kita Jakarta dan RSIA Buah Hati Ciputat. (Periode konsultasi: 7 Juli 2009 hingga Maret 2013)

Mata Bayi Selalu Berair

Rabu, 09/09/2009 10:20 WIB
(Foto: vadi.ir)
Dokter saya mau bertanya, anak saya sekarang usianya 4,5 bulan. Sejak lahir anak saya matanya sering sekali berair, seakan-akan seperti mau menangis. Anak saya lahir dengan cara diinduksi, apakah ini mempengaruhi hal tersebut? Karena sewaktu habis melahirkan, saya lihat memang ada bercak-bercak merah di matanya.

Sari, saripurnama@yahoo.com

Jawaban

Selamat siang Ibu. Pada anak bayi saluran air mata kadang belum sempurna. Pada saat normal, air mata keluar dari kelenjar lacrimalis (memproduksi air mata) yang bertujuan agar air mata selalu basah dan lembab. Kemudian air mata ini keluar melalui saluran di bagian ujung mata bagian dalam (medial) dan masuk melalui hidung.

Secara normal kita tidak merasa air mata itu berproduksi terus karena produksi dan pengeluarannya teratur. Keadaan berubah bila produksi air mata bertambah, seperti menangis atau sumbatan pada pada pangkal hidung, sehingga air mata tersebut meningkat dan terlihat berair. Tindakan terbaik adanya massage pangkal hidung dari atas ke bawah.

Kebanyakan sumbatan akan membuka spontan sendiri sebelum umur 7 bulan, sehingga tidak lagi belekan dan jarang membutuhkan tindakan operasi. Kalau belekan bertambah atau usia anak lebih 7 bulan sebaiknya bawa ke dokter mata.

Dr Aditya Suryansyah SpA
RSAB Harapan kita , Jln Let Jen.S Parman Kav 87, Slipi, Jakarta Barat, Telp 5668284
RSIA Buah Hati, Jln Aria Putra 399, Sarua Indah, Ciputat, Telp 7463856
(ir/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit