detikhealth

Asal Lemak Dalam Tubuh

Selasa, 15/09/2009 09:15 WIB
Asal Lemak Dalam Tubuh(Foto: Indofarma)
Dari mana asal lemak yang ada dalam tubuh kita? Lemak dalam tubuh berasal dari makanan sehari-hari yang mengandung banyak lemak antara lain daging, terutama daging kambing, keju, mentega, kuning telur, susu, coklat dan lainnya.

Setelah makan makanan tersebut lemak diserap usus halus sebagai kilomikron. Zat ini akan dibawa ke hati untuk diproses antara lain menjadi kolesterol, trigliserid, asam lemak, dan lainnya.

Lemak tidak larut dalam air atau dalam darah, karenanya lemak akan diangkut dengan 'alat pengangkut' yang disebut lipoprotein, yang dikenal sebagai HDL (High Density Lipoprotein) atau LDL (Low Density Lipoprotein).

HDL mengangkut salah satu jenis lemak yang dikenal sebagai kolesterol, dari pembuluh darah atau dari luar hati menuju ke hati. Sedangkan LDL mengangkut jenis lemak tersebut dari hati ke pembuluh darah.

Bahayanya kalau dalam pembuluh darah terlalu banyak lemak atau LDL, maka lemak tadi akan menempel di dinding pembuluh darah, dan akibatnya lama-kelamaan pembuluh darah yang harusnya lentur akan menjadi kaku.

Akibat yang dapat terjadi seperti tekanan darah dapat meningkat dan sangat berbahaya kalau pembuluh darah yang mensuplai darah ke otot jantung atau ke otak terganggu dapat menyebabkan gangguan fungsi jantung atau fungsi otak.

Karenanya adanya kelebihan lemak atau lipid dalam tubuh kita harus dicegah, atau bila ini sudah terjadi yang diketahui dengan pemeriksaan laboratorium darah dalam keadaan puasa harus segera diatasi.

Jumlah kadar lemak yang normal adalah Kolesterol total <200 mg/dl, Trigliserida <150 mg/dl, LDL <130 mg/dl dan HDL > 40 mg/dl.

Apa akibatnya jika suplai darah ke organ penting tubuh berkurang?

Fungsi organ akan terganggu atau sama sekali tidak berfungsi, seperti gangguan fungsi otak yang menyebabkan stroke dan pada jantung terjadi kematian otot jantung (infark). Penderita akan mengalami serangan jantung didahului sakit pada dada & sesak nafas.

Cara mengatasi dan mencegah agar lemak darah tidak tinggi

  1. Kurangi konsumsi makanan berlemak dan minuman beralkohol.
  2. Olah raga teratur.
  3. Turunkan berat badan jika mengalami kelebihan berat badan.
  4. Berhenti merokok.
  5. Mengkonsumsi Obat yang dapat menurunkan lemak tubuh dan peluruh lemak yang sebaiknya terbuat dari bahan alami dengan standar pembuatan obat secara farmaseutik.(Advetorial Indofarma).

Rekomendasi Obat


(adv/adv)


Punya pengalaman diet yang menginspirasi ? Ceritakan pengalamanmu disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close