detikhealth
Konsultasi Kesehatan Bersama
Dr. Samuel L. Simon, SpKK

Dr. Samuel L. Simon, SpKK adalah spesialis kulit dan kelamin yang berpraktik di Siloam Semanggi Specialist clinic Plasa Semanggi Jakarta dan Omni International Hospital. Dr Simon mempunyai pengalaman medis internasional dan telah berpartisipasi dalam kongres serta training dermatologi dan estetika di Paris, Las Vegas, Monte Carlo, Korea, Jerman, dan banyak tempat lainnya.

Penyakit Kelamin Jengger Ayam

Rabu, 07/10/2009 10:50 WIB
Ilustrasi virus Jengger Ayam (dok. medscape)
Dok, saya perempuan menikah 30 tahun mempunyai penyakit kelamin jengger ayam. Bagaimana cara pengobatanya? Apakah perlu operasi? Apabila iya, dimanakah saya harus operasi karena saya sedang kerja di Hong Kong sekarang. Terima kasih.

Martini, martini_hk2009@yahoo.co.id


Jawaban

Saudara Martini, penyakit jengger ayam itu mudah diobati. Anda cukup berobat ke dokter spesialis kulit dan kelamin di Hong Kong tempat saudara tinggal karena ini bukan kasus yang sulit.

Pengobatannya bisa dioleskan dengan cairan kimia, bila tidak sembuh bisa dilakukan tindakan bedah listrik. Semua tindakan ini tidak memerlukan rawat inap.

Jengger ayam adalah salah satu jenis penyakit IMS (infeksi menular seksual) yang ditandai dengan timbulnya kutil atau jengger ayam. Penyakit ini disebabkan oleh virus Human Papilloma (HPV) yang menular melalui persentuhan kulit dan sangat sering menular melalui hubungan seks.

Gejalanya adalah adanya kutil atau jengger ayam yang ukurannya bisa besar atau kecil, tapi tidak semua jengger ayam menampakkan gejala kutil. Jengger ayam dapat timbul 3 minggu hingga 12 bulan sejak berhubungan seks dengan pasangan yang terinfeksi.

Dr. Samuel L Simon SpKK

Siloam Semanggi Specialist clinic
Plasa Semanggi, Lantai 7
Telp. +62-21-25539326/7

Omni International Hospital
Jl. Alam Sutera Boulevard Kav. 25
Serpong, Tangerang
Telp. 021-53125555
(ir/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit