detikhealth
Konsultasi Kesehatan Bersama
Dr Aditya Suryansyah Sp. A

Dr Aditya Suryansyah Sp A adalah dokter spesialis anak yang berpraktik di RSAB Harapan Kita Jakarta dan RSIA Buah Hati Ciputat. (Periode konsultasi: 7 Juli 2009 hingga Maret 2013)

Bisakah Anak Microcephalus Normal Lagi?

Selasa, 20/10/2009 10:48 WIB
Anak microcephalus (myspacecdn)
Dok, apakah anak microcephalus (ukuran kepala sangat kecil) bisa disembuhkan? Anak saya sekarang sudah berumur 2,5 tahun. Tapi tidak ada perkembangan, masih seperti anak bayi usia 1 bulan. Tolong solusinya dok? Terimakasih.

Rifka hr, boy_mitra@plasa.com


Jawaban


Microcephalus merupakan ukuran lingkar kepala di bawah dari standar deviasi rata-rata lingkar kepala pada anak seumurnya. Karena ukuran kepala kecil sehingga tumbuh kembang anak tidak optimal, bahkan tertinggal dibanding anak seumurnya.

Penyebab microcephalus dapat karena perkembangan otak yang tidak optimal karena penyakit, atau tulang-tulang tengkorak kepala menutup lebih dini. Bila usia sudah 2,5 tahun tetapi kemampuan seperti usia 1 bulan berarti sangat tertinggal. Sebaiknya ibu membawanya ke dokter Rehabilitasi Medis, untuk melatih alat geraknya agar tidak menjadi kaku.

Dr Aditya Suryansyah SpA
RSAB Harapan kita , Jln Let Jen.S Parman Kav 87, Slipi, Jakarta Barat, Telp 5668284
RSIA Buah Hati, Jln Aria Putra 399, Sarua Indah, Ciputat, Telp 7463856(ir/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit