detikhealth

Malabsorbsi

Teguh Budi Santoso - detikHealth
Senin, 26/10/2009 10:47 WIB
Foto: whereincity
DATA PENYAKIT, Deskripsi
Banyak kondisi dan situasi berbeda dapat mempengaruhi kemampuan usus halus untuk menyerap nutrisi yang memadai. Contohnya termasuk kesalahan dalam proses pencernaan, seperti kegagalan untuk menghasilkan enzim yang diperlukan untuk memecah makanan tertentu; struktural cacat atau tumor di dalam usus, proses peradangan, infeksi usus, dan penyakit lainnya, dan cacat bawaan.

Malabsorbsi adalah kesulitan penyerapan nutrisi dari makanan. Banyak penyakit dapat menyebabkan malabsorbsi. Penderita biasanya mengalami kesulitan menyerap gula, garam, protein, atau vitamin dari makanan. Beberapa penyebab antara lain: AIDS, cholestasis, liver kronis, parasites, alergi susu. 

Gejala
Efek dari zat-zat tidak diserap termasuk diare, steatorrhea, perut kembung, dan gas. Pasien sering kehilangan berat badan meskipun asupan makanan yang memadai.

Perawatan
Pengobatan bervariasi menurut diagnosis tetapi mungkin termasuk pantangan dan obat-obatan seperti anti-diarrheals, antibiotik, atau enzim pengganti. Operasi dapat diindikasikan dalam kasus-kasus tertentu.

Sumber: medlineplus, healthscout, dan merck.

(tbs/tbs)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit