

-
Senin 21/05/2012 13:00 WIB
Kisah Aesha si Hidung Terpotong yang Berjuang Lawan Luka Mental -
Senin 21/05/2012 13:32 WIB
Vasektomi & Tubektomi Paling Tepat Buat Orang Indonesia -
Senin 21/05/2012 13:17 WIB
Berapa Usia Kehamilan yang Boleh Terbang Naik Pesawat? -
Senin 21/05/2012 14:01 WIB
Pakar Kependudukan Minim, Beasiswa Ilmu Kependudukan Diperbanyak -
Senin 21/05/2012 12:00 WIB
10 Tahun Lebih Muda dengan Menarik Wajah dari Telinga ke Telinga - Indeks berita
Cari Obat & Penyakit
Cari Penawaran Terbaik di Sini
Rancang Perjalananmu di Sini
Info Promosi Travel
-
Rp 2,776.000
-
Rp 5,978.000
Blog KesehatanDaftar blog | Login
-
Diet Untuk Ibu hamil
Diet pada kehamilan adalah aman bagi wanita dan tidak membawa risiko bagi bayi, tinjauan penelitian telah disarankan.
-
Cara mengobati penyakit Maag dengan tepung kanji
Sekarang saya akan jelas kan bagaimana mengobati sakit maag dengan cara tradisional dan lumayan cukup manjur
» Thread Pilihan

Senin, 21/05/2012 11:51 WIB
Penelitian: Terlalu Disiplin dalam Bercinta Bisa Bikin Impoten
Posted : matsukoArtikel terkait :
- Obat Anemia Tidak Aman untuk Penderita Ginjal dan Diabetes
- Susah Lepas Dari Alkohol? Salahkan Gen Dalam Tubuh
- Donor Sperma Cacat Lahirkan Anak Kelainan Jantung
- Bentuk Tubuh Pear dan Apel Lebih Rawan Kena Pembekuan Darah
- Atropine
- Cyclopenthiazide
- Abciximab
Info Obat :
Sering Konsumsi Makanan Olahan Bisa Bikin Depresi
Vera Farah Bararah - detikHealth
(Foto: ehow)
Penelitian ini melibatkan 3.500 orang yang berusia paruh baya dan dibandingkan risiko terkena depresi pada 5 tahun mendatang. Peneliti membagi partisipan ke dalam dua kelompok berdasarkan jenis makanannya. Satu kelompok mengonsumsi buah, sayuran dan ikan, sementara kelompok kedua mengonsumsi makanan yang diolah seperti digoreng, daging dan biji-bijian olahan serta produk susu dengan kadar lemak tinggi.
Hal lain yang diperhatikan adalah jenis kelamin, usia, pendidikan, aktivitas fisik, kebiasaan merokok serta riwayat kesehatannya. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan mengenai risiko terkena depresi di masa depan dengan makanan yang dikonsumsinya.
Partisipan yang mengonsumsi buah, sayur dan ikan memiliki risiko terkena depresi 26 persen lebih kecil dibandingkan dengan orang yang mengonsumsi segalanya. Sebaliknya orang yang sering mengonsumsi makanan olahan memiliki risiko 58 persen lebih tinggi terkena depresi dibandingkan dengan orang yang sedikit mengonsumsi makanan olahan.
"Kemungkinan penyebab hubungan ini karena adanya faktor gaya hidup yang tidak terkendali pada orang yang sering mengonsumsi makanan olahan," ujar Dr Archana Singh-Manoux, seperti dikutip dari BBCNews, Senin (2/11/2009).
Singh-Manoux menuturkan meskipun belum dapat dijelaskan secara mendetail mengenai kenapa beberapa makanan dapat melindungi atau justru meningkatkan risiko depresi, tapi para ilmuwan berpikir kemungkinan ada hubungan dengan kondisi peradangan dalam tubuh yang bisa membuat seseorang menjadi lebih depresi.
Dr Endrew McCulloch, seorang kepala eksekutif dari Mental Health Foundation menuturkan penelitian ini semakin menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara apa yang dimakan seseorang dengan kesehatan mental orang tersebut.
Sebenarnya kesehatan fisik dan mental sangat berkaitan erat, karena jika fisik seseorang tidak sehat akibat konsumsi makanan yang tidak benar maka sudah pasti hal ini akan mempengaruhi kesehatan mentalnya. Jika ingin memiliki kesehatan fisik dan mental yang baik, konsumsilah makanan secara seimbang dan jangan terlalu sering mengonsumsi makanana olahan.
Rekomendasi Obat
.: detikcom | detikNews | detikFinance | detikHot | detikI-net | detikSport | detikFood | Sepakbola :.
Copyright © 2012 detikcom, All Rights Reserved | Redaksi | Karir | Kotak Pos | Info Iklan | Disclaimer









