detikhealth
Konsultasi Kesehatan Bersama
Dr. Hermansyur Kartowisastro, SpB-KBD

Dr. Hermansyur Kartowisastro, SpB-KBD adalah Dokter Spesialis Bedah, Konsultan Bedah Digestif, Minimal Invasive Surgeon. Praktik di RS PONDOK INDAH PONDOK INDAH Jakarta dan Klinik Saluran Cerna RS PURI INDAH PONDOK INDAH Jakarta Barat.

Sudah Dioperasi Abses Masih Kumat Juga

Selasa, 10/11/2009 10:50 WIB
Ilustrasi (dok. fitsweb.uchc.edu)
Dokter saya mau konsultasi terkait penyakit Perianal Abses yang sudah lama saya derita sejak tahun 2004. Di tahun 2005 pernah dioperasi tetapi tetap sering kambuh sampai sekarang dengan frekuensi kurang lebih 1,5 bulan dan selama ini kalo ke dokter diberi antibiotik dengan berbagai macam merek.

Pertanyaan saya adakah obat yang paling tepat tanpa melalui operasi kembali? Terimakasih atas perhatian dan tanggapannya.

Sunardi, sunardi@konimex.com


Jawaban

Perianal abses yang seringkali kambuh sejak 2004 tak akan sembuh tanpa operasi yang baik. Perianal disebabkan infeksi kelenjar anal dalam anus (ada beberapa kelenjar anal) yang tersumbat dan akhirnya menjadi abses. Abses ini mencari jalan keluar dan pecah atau dipecahkan dengan sayatan agar nanah (pus) keluar. Rasa sakit pun berkurang sehingga seolah-olah telah sembuh.

Abses kambuh ketika luka bekas sayatan kembali menutup ataupun ketika abses mencari jalan lain untuk keluar. Sebenarnya saat pus keluar terjadi hubungan antara kelenjar anal yang sakit dan kulit sekitar anus (perianal fistula). Fistula pada kulit dapat menjadi beberapa buah walaupun kelenjar anal yang sakit hanya satu.

Tujuan operasi adalah menghilangkan kelenjar anal yang sakit dan menyembuhkan luka secara alami. Antibiotika tak akan menyembuhkan selama kelenjar yang sakit tidak diangkat. Selain itu, perianal abses bisa sering kambuh tanpa operasi yang baik. Sebaiknya Anda menemui spesialis bedah untuk mendapatkan penjelasan operasi dan penyembuhannya.

Dr. Hermansyur Kartowisastro, SpB-KBD
Dokter Spesialis Bedah, Konsultan Bedah Digestif, Minimal Invasive Surgeon, Praktik di RS PONDOK INDAH PONDOK INDAH (Lantai 1) Jl. Metro Duta Kav UE Pondok Indah, Jakarta. Telepon 021 765 7525 Ext 1314/1251 dan Klinik Saluran Cerna RS PURI INDAH PONDOK INDAH Jl. Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222.
 
 
(ir/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit