detikhealth

Pilihan Ikan yang Aman untuk Ibu Hamil

Vera Farah Bararah - detikHealth
Selasa, 10/11/2009 12:00 WIB
Halaman 1 dari 2
(Foto: ehow)
Jakarta, Konsumsi ikan bagi ibu hamil sangat baik karena ikan merupakan sumber asam lemak omega 3 yang bagus untuk perkembangan saraf otak bayi. Tapi ibu hamil juga harus pintar memilih ikan apa yang baik untuk dikonsumsi saat hamil.

Banyak para ahli yang setuju bahwa perempuan yang sedang hamil harus memenuhi asupan ikan dalam makanannya untuk mencapai kesehatan yang baik serta pertumbuhan dan perkembangan janin yang optimal. Badan pengawas makanan dan obat AS (FDA) menyarankan sebaiknya perempuan hamil mengonsumsi setidaknya 12 sampai 14 ons (2 sampai 3 porsi) ikan per minggu.

Seperti diketahui omega 3 sangat penting dalam perkembangan saraf otak janin dan cara yang paling mudah untuk mendapatkannya adalah melalui konsumsi ikan secara teratur. Membatasi atau kurangnya asupan ikan yang masuk ke dalam tubuh dapat merugikan perkembangan mental anak itu sendiri.

Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa ibu yang makan sedikitnya 3 porsi ikan per minggu selama hamil ternyata memberikan hasil yang baik pada beberapa tes mengenai fungsi mental dari si anak setelah lahir.

Sementara itu, ada juga penelitian lain yang dilakukan oleh Dr Emily Oken dari Harvard Pilgrim Health Care di Boston, AS yang memeriksa keseimbangan antara keuntungan dan risiko kontaminasi jika mengonsumsi ikan selama hamil.

Ternyata didapatkan ibu yang mengonsumsi ikan dengan kadar merkuri rendah sebanyak 2 kali seminggu memberikan hasil tes yang bagus pada anaknya, bahkan jika sang ibu hanya makan ikan dalam kalengan saja.

"Perempuan yang mengonsumsi ikan sekitar 14 ons per minggu, rata-rata memiliki perkembangan yang lebih baik sebesar 30 persen dalam hal kemampuan motorik dan hasil tes kognitifnya," ujar Dr Emily Oken, seperti dikutip dari Babycenter, Selasa (10/11/2009).Next

Halaman 1 2
(ver/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit