detikhealth
Konsultasi Bedah
Dr. Hermansyur Kartowisastro, SpB-KBD

Dr. Hermansyur Kartowisastro, SpB-KBD adalah Dokter Spesialis Bedah, Konsultan Bedah Digestif, Minimal Invasive Surgeon. Praktik di RS PONDOK INDAH PONDOK INDAH Jakarta dan Klinik Saluran Cerna RS PURI INDAH PONDOK INDAH Jakarta Barat.

Pemulihan Setelah Operasi Usus Buntu

Kamis, 12/11/2009 09:15 WIB
Ilustrasi (dok. ADAM)
Dokter, pada 8 Juli 2009 saya operasi besar usus buntu yang pecah sehingga nanah di dalam perut terdapat sekitar 400 cc (menurut dokter bedah dan foto saat operasi berlangsung). Setelah hampir sebulan, saat ini masih merasakan enek dan perut kembung. Apakah ini karena akibat operasi tersebut? Terimakasih atas penjelasanya.

Usman Suherman, usman.sport@gmail.com


Jawaban

Dalam kasus infeksi saluran cerna rasa mual dan kembung setelah operasi memang agak lama menghilang. Umumnya perlu 3 bulan sampai gejalanya berkurang dan hilang. Jika masih berlanjut, sebaiknya Anda menemui ahli penyakit dalam atau ahli bedah saluran cerna.

Dr. Hermansyur Kartowisastro, SpB-KBD
Dokter Spesialis Bedah, Konsultan Bedah Digestif, Minimal Invasive Surgeon, Praktik di RS PONDOK INDAH PONDOK INDAH (Lantai 1) Jl. Metro Duta Kav UE Pondok Indah, Jakarta. Telepon 021 765 7525 Ext 1314/1251 dan Klinik Saluran Cerna RS PURI INDAH PONDOK INDAH Jl. Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222.
 
 
(ir/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit