detikhealth

Sehat Tanpa Biaya Mahal

Nurul Ulfah - detikHealth
Selasa, 24/11/2009 08:05 WIB
Sehat Tanpa Biaya Mahal(Foto: catcirc)
Jakarta, Ingin tetap sehat di masa ekonomi sulit bukan hal yang mudah. Mau pergi ke dokter mahal, ikut kelas fitness juga butuh biaya yang nggak sedikit. Adakah cara efektif dan murah untuk tetap sehat?

Ketika sudah sakit, seseorang harus mengeluarkan uang banyak untuk bisa sembuh lagi. Kabar baiknya, untuk sehat tak perlu biaya mahal.

"Anda tak perlu mahal-mahal masuk ke tempat fitness hanya untuk olahraga dan ingin sehat," ujar Steven Blair, PhD, profesor dari the University of South Carolina seperti dilansir WebMD, Selasa (24/11/2009).

Hanya dengan beraktivitas selama 150 menit dalam seminggu, tubuh bisa sehat dan risiko penyakit pun berkurang. "Cukup dengan berjalan, bertaman atau mengerjakan pekerjaan rumah bisa membuat tubuh tetap fit," ucap Blair.

Alternatif sehat lainnya bisa didapatkan dari makanan-makanan murah seperti kacang panjang, kacang, sereal atau sayuran beku.

"Sayuran beku punya kandungan nutrisi yang lebih baik karena setelah dipanen langsung dibekukan sehingga kandungan antioksidannya masih tinggi dibanding sayuran segar yang mudah layu atau rusak," jelas ahli panen, Allyson Mitchell, PhD dari the University of California.

Memasak di rumah juga merupakan alternatif sehat yang murah daripada harus makan di luar. Sebuah survei membuktikan bahwa orang yang sering makan di rumah lebih sedikit yang terkena obesitas dibanding mereka yang sering makan di luar.

Tapi jika Anda sudah diberi resep obat oleh dokter dan berpikir bisa sembuh hanya dengan makan makanan sehat atau olahraga, Anda salah. Suatu survei membuktikan bahwa 7 persen resep yang diberi dokter tidak pernah ditebus oleh pasien karena faktor tidak punya uang atau malas.

"Pasien biasanya memilih tidak minum obat jika kondisinya tidak terlalu parah seperti tekanan darah tinggi kolesterol atau diabetes tipe 2. Namun meski saat itu kondisinya tidak berbahaya, tapi jika dibiarkan bisa mematikan," ujar Mitchell.

Jika masalah ekonomi membuat Anda stres, sebaiknya usahakan agar badan tak ikut-ikutan stres. "Jika Anda terlalu stres karena terlalu banyak duduk, maka bergeraklah dan cari cara untuk melepas stres seperti melakukan teknik pernafasan, relaksasi atau menonton film lucu," ujar Lee Berk, PhD, psikolog dari Loma Linda University, California.

Rekomendasi Obat


(fah/ir)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit