detikhealth
Konsultasi Kedokteran Olahraga
Dr. Ronald A. Hukom, MHSc, SpPD KHOM

Dr. Ronald A. Hukom, MHSc, SpPD KHOM adalah Dokter Spesialis Penyakit Dalam (Internis), Konsultan Kanker dan Kelainan Darah di RS Pondok Indah Pondok Indah Jakarta dan RS Kanker Darah Dharmais.

Mimisan Pada Orang Dewasa

Jumat, 04/12/2009 13:20 WIB
Ilustrasi (dok. Adam)
Dokter, belakangan ini saya sering mimisan seperti waktu saya masih kecil. Mimisan ini terjadi kalau cuaca panas. Saya sudah 2 kali ke dokter THT namun kedua dokter tersebut mempunyai pendapat yang berbeda. Dokter pertama bilang pembuluh darah saya tipis dan harus di patri (dibakar). Dokter yang kedua bilang tulang hidung saya bengkok jadi harus di operasi, dia bilang nggak ada hubungannnya dengan patri pembuluh darah.

Apa yang harus saya lakukan? Adakah hubungan tulang hidung bengkok dengan sering mimisan? Dan adakah cara mengatasi selain operasi?

dqs (Lajang 32 Tahuan), dqs_bae@yahoo.com


Jawaban

Mimisan memang menjadi salah satu penyakit yang banyak dikeluhkan pasien. Berbagai penyebab dapat ditemukan melalui penelusuran riwayat pasien dan pemeriksaan fisik sederhana. Penyebab lokal termasuk struktur anatomi yang tidak normal dan kelainan pembuluh darah hidung dapat segera ditentukan dokter THT.

Di lain pihak, berbagai penyakit sistemik perlu juga dicari dan diobati misalnya hipertensi, penyakit hati seperti sirosis hepatis, dan berbagai gangguan sistem pembekuan darah termasuk pemakaian obat antikoagulan.

Konsultasi dengan ahli penyakit dalam pun dapat dilakukan bila perlu. Penanganan di luar operasi dapat dimulai dengan menghindari iritan (misalnya dengan berhenti merokok), kompres dengan obat dekongestan topikal, dan pemakaian obat vasokonstriktor lokal.

Dr. Ronald A. Hukom, MHSc, SpPD KHOM
Dokter Spesialis Penyakit Dalam (Internis), Konsultan Kanker dan Kelainan Darah di RS Pondok Indah Pondok Indah Jakarta dan RS Kanker Darah Dharmais.
(ir/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit