detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

Konsultasi Bedah
Dr. Gunawan Susanto Sp.BS

Dr. Gunawan Susanto Sp.BS, Dokter Spesialis Bedah Saraf. Praktik di RS PURI INDAH PONDOK INDAH, Jl. Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222

Urat Saraf Leher Tergeser

Senin, 07/12/2009 10:30 WIB
Ilustrasi (Foto: Adam)
Hasil RMI dititik C5 pada leher saya ada yang tergeser mengenai urat saraf, yang masih saya rasakan sekarang kedua jari tangan saya kesemutan setiap ruasnya dan kedua kaki saya lemas dan tidak bisa dibawa lari. Kalau jalan kesimbangan terganggu dan ini sudah berlangsung 1,5 bulan lamanya.

Kalau dokter saraf menyarankan pakai penyanggah atau dioperasi. Kira-kira dokter apa yang harus saya perbuat kecuali dioperasi dokter. Terimakasih atas perhatiannya.

Fajar Izzani, (menikah 44 tahun), fajarizzani@yahoo.com


Jawaban

Bila hasil MRI menunjukkan adanya pergeseran di titik C5 yang menyebabkan keluhan pada lengan artinya akar saraf yang memberi persarafan lengan terjepit. Lemasnya kaki menjadi indikasi bahwa bukan hanya akar saraf saja yang terjepit, tetapi sum-sum tulang belakang yang merupakan saraf utama dan memberi persarafan dari leher sampai ekstremitas bawah juga terjepit.

Untuk penanganannya, tidak ada jalan selain operasi dan operasi pun harus dilakukan secepat mungkin. Semakin operasi tertunda, kemungkinan untuk sembuh juga semakin kecil. Adapun, yang dapat melakukan operasi ini adalah dokter ahli Bedah Saraf atau dokter ahli Bedah Tulang.

Dr. Gunawan Susanto Sp.BS
Dokter Spesialis Bedah Saraf. Praktik di RS PURI INDAH-PONDOK INDAH, Jl. Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 2569522.
Dr. Gunawan Susanto Sp.BS
Dokter Spesialis Bedah Saraf. Praktik di RS PURI INDAH-PONDOK INDAH, Jl. Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 2569522.(ir/ir)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit