detikhealth

Sindrom Kaki Resah

Teguh Budi Santoso - detikHealth
Senin, 07/12/2009 11:07 WIB
Ilustrasi: decodeme
DATA PENYAKIT, Deskripsi
Sindrom kaki resah adalah suatu kondisi di mana kaki merasa sangat tidak nyaman saat sedang duduk atau berbaring. Hal ini membuat penderita merasa seperti bangun dan bergerak. Bila melakukan gerakan, perasaan yang tidak menyenangkan tersebut sementara hilang.

Sindrom kaki resah dapat terjadi baik pria maupun wanita, dan dapat terjadi pada usia berapa pun dan tingkat keparahan meningkat seiring bertambahnya usia. Sindrom kaki resah dapat mengganggu tidur--mengakibatkan rasa kantuk di siang hari--dan membuat sulit berjalan.

Dalam banyak kasus, tidak diketahui penyebab sindrom kaki resah. Para peneliti menduga bahwa kondisi mungkin disebabkan ketidakseimbangan kimia otak dopamin. Zat kimia tersebut mengirimkan pesan untuk mengontrol gerakan otot.

Gejala
Penderita biasanya mengeluhkan sakit di betis, paha, kaki atau lengan. Keluhan itu antara lain:
* kesemutan
* betis pegal
* sakit
* sensasi panas pada kaki

Perawatan
Kadang-kadang, mengobati kondisi yang mendasari, seperti kekurangan zat besi atau neuropati perifer, sangat meringankan gejala sindrom kaki resah. 

Sumber: medlineplus dan mayoclinic.

(tbs/tbs)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit