detikhealth
Konsultasi Kesehatan Bersama
Drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI

Drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, adalah Dokter Spesialis Bedah Mulut di RS Puri Indah Pondok Indah Jl. Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222.

Rahang Selalu Berbunyi 'Tak'

Kamis, 10/12/2009 11:01 WIB
Ilustrasi (Foto: parkchambersdental)
Dok, saya punya keluhan dengan persendian rahang. Dalam jangka waktu tertentu jika saya hendak berbicara terdengar suara "tak" dari rahang saya dan jika digunakan untuk mengunyah makanan yang agak keras terasa sangat sakit. Apa penyebabnya? Bagaimana solusinya? Terimakasih.

Yulius (menikah-28 tahun), poetrabillall@gmail.com

Jawaban

Terdengarnya bunyi dan nyeri saat berbicara dan mengunyah disebabkan gangguan pada sendi rahang (sendi TMJ). Oleh karena itu, perlu dicari penyebabnya yang antara lain bisa dari gigi geraham bungsu, gigi berjejal, ompong (banyak gigi yang dicabut tetapi tidak menggunakan gigi palsu) atau ada bekas jatuh karena rahang pernah terbentur. Penyebabnya harus dihilangkan terlebih dahulu dan setelah itu sendinya diterapi dengan menggunakan alat splint.

Drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI
Dokter Spesialis Bedah Mulut di RS Puri Indah Pondok Indah Jl. Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222.
 
(ir/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit