detikhealth

Gen Rambut Keriting Ditemukan, Meluruskan Rambut Jadi Gampang

Vera Farah Bararah - detikHealth
Jumat, 11/12/2009 11:25 WIB
Penyanyi Taylor Swift (Foto: nydaily)
Queensland, Ingin mengubah rambut lurus menjadi keriting? Gampang, nantinya tak perlu lagi berlama-lama di salon. Dengan penemuan gen keriting, mengubah rambut keriting bisa semudah layaknya minum pil. Rambut lurus pun bisa jadi kriwil, sebaliknya rambut keriting bisa jadi lurus.

Peneliti dari Australia telah menemukan sebuah gen yang bisa memberikan rambut keriting pada seseorang. Diharapkan nantinya bisa menciptakan teknik keriting rambut tanpa menggunakan alat-alat panas atau serum yang bisa merusak atau membahayakan rambut.

Ilmuwan dari Queensland Institute of Medical Research menemukan bahwa gen trichohyalin yang sebelumnya dikenal mempengaruhi perkembangan folikel rambut, ternyata juga bertanggung jawab untuk membuat rambut menjadi ikal atau keriting. Variasi dari gen ini juga bisa menentukan apakah rambut seseorang akan lurus atau keriting.

"Ini sangat berpotensi sekali. Saat ini kita sedang mengembangkan perawatan baru untuk membuat rambut menjadi keriting atau lurus dengan metode yang lebih sederhana dibandingkan perawatan secara langsung yang selama ini ada di salon-salon," ujar Nick Martin, seperti dikutip dari New York Daily News, Jumat (11/12/2009).

Hasil penelitian baru ini tidak hanya digunakan untuk faktor keindahan saja. Martin mengungkapkan hasil ini juga bisa digunakan sebagai alat identifikasi DNA oleh tim ahli forensik dalam membantu menentukan apakah seorang pelaku kejatahan memiliki rambut lurus atau keriting.

Penemuan gen ini juga memungkinkan bagi ibu hamil untuk memprediksi apakah nanti bayinya lahir dengan rambut keriting atau lurus. Karena kemungkinan seorang anak mewarisi rambut keriting dari orangtua yang berambut keriting cukup besar yaitu sekitar 90 persen.

Diharapkan nantinya bagi perempuan yang ingin mengubah rambutnya dari lurus menjadi keriting atau sebaliknya bisa menggunakan cara yang lebih efektif, sederhana dan tidak merusak rambut pada masa mendatang.

(ver/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit