detikhealth

Melawan Virus Bersama Eijkman

Nurul Ulfah - detikHealth
Jumat, 11/12/2009 15:05 WIB
Halaman 1 dari 2
(dok. ACME)
Jakarta, Berdiri di kompleks rumah sakit paling ramai se-Indonesia,--Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM)--, tak membuat nama lembaga penelitian Eijkman populer di masyarakat. Hanya segelintir orang yang tahu ada lembaga tersebut meski cuma sekedar tahu nama.

Wajar jika masyarakat belum mengenalnya, selain jarang terekspose seperti Namru, dulu Eijkman memang terkesan seperti tempat penelitian di gedung tua, setua alat-alat laboratoriumnya.

Lembaga Biologi Molekul Eijkman nama panjangnya, tapi cukup dengan menyebut Eijkman akan langsung tertuju pada tempat penelitian di Jalan Diponegoro Jakarta itu. Karena memang Eijkman cuma satu-satunya lembaga penelitian di Indonesia yang memakai nama itu.

Eijkman punya posisi yang strategis di dalam dunia penelitian Indonesia. Lembaga yang didirikan oleh Christian Eijkman pada tahun 1888 itu bekerja dalam penelitian biologi molekul terutama kaitannya dengan diagnostik pengobatan maupun pencegahan penyakit.

Kini Eijkman mulai berbenah bukan sekedar lembaga yang berdiri di gedung tua tapi sudah menjadi lembaga dengan fasilitas moderen dan berteknologi canggih. Eijkman akan berpacu meneliti ilmu biologi molekuler yang menjadi inti pengembangannya sehingga tak ada virus yang tak bisa dilawan.

"Aplikasi dari biologi molekul sangat luas, bukan hanya dalam penanganan penyakit infeksi tapi juga dalam bidang penyakit genetik dan forensik," kata Dr Herawati Sudoyo, Deputi Direktur Lembaga Biologi Molekul Eijkman dalam acara seminar 'Membahas Biologi Molekul untuk Kesejahteraan Rakyat' di Lembaga Biologi Molekul Eijkman, Jakarta, Jumat (11/12/2009).

Meski masih terdengar awam di telinga masyarakat, tapi ilmu biologi molekuler sangat penting dan bermanfaat untuk menyelesaikan setiap masalah yang muncul, mulai dari penanganan penyakit, memerangi terorisme, mencegah perdagangan manusia dan lainnya.Next

Halaman 1 2
(fah/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit