detikhealth

Duh, Nyerinya Kram Perut

Vera Farah Bararah - detikHealth
Senin, 28/12/2009 18:13 WIB
Halaman 1 dari 3
(Foto: telegraph)
Jakarta, Serangan kram bisa menyerang siapa saja dan di bagian tubuh manapun, termasuk bagian perut. Kram perut yang dialami oleh seseorang terkadang bisa sampai mengganggu aktivitas dari orang tersebut. Kenapa perut bisa kram?

Banyak kejadian seseorang mengalami kram karena telat makan dan lama berada di ruang AC. Ada juga yang mengalami kram perut karena menstruasi. Kram perut juga bisa terjadi karena perut kosong tiba-tiba dimasuki makanan pedas atau asam.

"Kram perut terjadi karena adanya kontraksi otot, peradangan atau bisa juga akibat salah makan. Ini bukan suatu penyakit tapi merupakan salah satu gejala awal dari adanya penyakit di tubuh," ujar Dr Hermansyur Kartowisastro, Sp.B-KBD saat dihubungi detikHealth, Senin (28/12/2009).

Ketika mengalami kram perut, bagian perut kadang terasa kaku, membuat lemas dan nyeri dan sering muncul keringat dingin atau disertai juga dengan demam. Penanganan yang mudah jika kram perut bukan karena penyakit serius adalah mengompres dengan air hangat.

Dr Hermansyur menuturkan kram perut yang terjadi ini bisa menjadi suatu gejala awal dari penyakit seperti lambung, maag, masalah di kantung empedu, hernia atau organ lainnya. Maka pengobatan yang tepat untuk mengatasi kram perut yang berkepanjngan tergantung dari hasil diagnosisnya.

"Pemeriksaan yang dilakukan untuk mendiagnosis penyebab kram perut adalah dengan melakukan pemeriksaan fisik, dilanjutkan dengan pemeriksaan laboratorium. Jika ditemukan adanya gangguan maka dilanjutkan dengan pemeriksaan lain yang lebih mendalam seperti USG, endoskopi atau melakukan CT-Scan," ujar dokter dari Klinik Saluran Cerna RS Puri Indah, Jakarta.

Untuk pemeriksaan fisik biasanya dengan melihat kondisi luar tubuh dari pasien. Jika kulit pasien berwarna agak kuning maka kemungkinan kram perut ini berhubungan dengan hati atau saluran empedu. Pemeriksaan lainnya adalah dengan meraba dinding perut dan melakukan penekanan pelan di bagian perut untuk mengetahui tipe dari rasa nyerinya.Next

Halaman 1 2 3
(ver/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit