detikhealth
Konsultasi Kedokteran Olahraga
Dr Aditya Suryansyah Sp. A

Dr Aditya Suryansyah Sp A adalah dokter spesialis anak yang berpraktik di RSAB Harapan Kita Jakarta dan RSIA Buah Hati Ciputat. (Periode konsultasi: 7 Juli 2009 hingga Maret 2013)

Apakah Flagyl Aman untuk Obat Disentri Anak?

Irna Gustia - detikHealth
Rabu, 06/01/2010 11:00 WIB
Ilustrasi (craveonline)
Jakarta, Dok, anak saya Anisa 1,8 tahun. Sudah 1 bulan ini mengkonsumsi Flagyl karena didiagnosis disentri oleh dokternya. Dari hasil fases lengkap ditemukan ada bakteri dan amuba, serta lekosit yang tinggi 150, oleh dokter diresepkan Flagyl 3 x 1 hari 1 sendok teh.

Ada perubahan yang cukup berarti akan tetapi kadang masih ada sedikit lendir dan berbau telur busuk, agak sedikit hijau dan tidak mencret hanya lembek biasa, sehari hanya 2 kali pup. Menurut dokter kira-kira sudah betul belum pengobatannya? Sebenarnya sampai berapa lama hingga penyakit ini benar-benar sembuh? Apakah disentri bisa membahayakan? Terimakasih.

Winda, helwinda.adj@gmail.com


Jawaban


Disentri adalah infeksi usus karena bakteri. Keluhannya mencret mengandung lendir dan darah, disertai sakit perut. Dari email ibu, pemeriksaan feses ditemukan juga amuba, berarti anak ibu juga terkena amubiasis, yaitu sejenis mikroorganisma lebih besar dari bakteri, dan berkembangbiak di usus dan hati. Menimbulkan keluahan mirip dengan disentri, dengan BAB mencret yang mengandung lendir, bau telur busuk dan BAB yang berdarah.

Obat yang diberikan dokter sudah benar dan obat diberikan biasanya 5-7 hari kemudian dievaluasi berdasarkan pemeriksaan feses lengkap dan klinis. Bila diberikan sampai satu bulan (?), apakah itu terus menerus atau pemberian berulang karena penyakitnya kambuh?

Coba ibu kontrol ulang ke dokter dan minta penjelasan yang lebih rinci. Obat flagyl berisikan metronidazol merupakan obat pilihan untuk penyakit disentri atau amubiasis. Terpenting jaga kebersihan makanan dan kebersihan badan anak, agar tidak terontaminasi bakteri atau amuba.

Dr Aditya Suryansyah SpA

RSAB Harapan kita , Jln Let Jen.S Parman Kav 87, Slipi, Jakarta Barat, Telp 5668284
RSIA Buah Hati, Jln Aria Putra 399, Sarua Indah, Ciputat, Telp 7463856
(ir/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit