Kembar Siam

Teguh Budi Santoso - detikHealth
Senin, 11/01/2010 12:01 WIB
Foto: repro
Jakarta, Deskripsi
Kembar siam terjadi jika satu sel telur membelah dan berkembang menjadi dua janin.  Dalam beberapa kasus, telur yang telah dibuahi gagal untuk memisahkan sepenuhnya. Bayi yang berkembang dari pemisahan parsial ini disebut kembar siam. Kembar siam juga secara fisik terhubung - paling sering pada kepala, dada atau panggul. Bahkan pada kasus tertentu kembar siam, bayi satu dengan yang lain berbagi satu atau lebih organ internal.

Banyak kembar siam yang mati saat lahir atau mati setelah lahir. Beberapa kasus kembar siam yang masih hidup keduanya dipisahkandengan cara pembedahan. Keberhasilan operasi ini tergantung pada di mana si kembar yang bergabung dan berapa banyak organ digunakan bersama, dan juga pada pengalaman dan keterampilan dari tim bedah.

Gejala
Tanda pertama kembar siam adalah sama untuk setiap kehamilan kembar: sebuah rahim yang tumbuh pesat yang lebih besar daripada untuk satu embrio. Ibu bayi kembar mungkin juga memiliki kelelahan berat, mual dan muntah di awal kehamilan.

Perawatan
Perawatan kembar siam sangat bervariasi tergantung pada keadaan. Banyak orangtua membuat keputusan sulit untuk mengakhiri kehamilan. Prognosis dan kualitas hidup membebani isu dalam pengambilan keputusan, serta kemungkinan keberhasilan pemisahan. Jika bayi berbagi jantung atau otak, misalnya, operasi pemisahan mungkin tidak dapat dilakukan.

Sumber: disarikan dari beberapa sumber.

(tbs/tbs)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit