detikhealth

Sengatan Ubur-ubur

Teguh Budi Santoso - detikHealth
Selasa, 12/01/2010 17:14 WIB
Foto: tripadvisor
DATA PENYAKIT, Deskripsi
Sengatan ubur-ubur adalah gangguan umum untuk perenang dan penyelam. Dengan tentakel yang berisi ribuan sengatan berduri kecil, ubur-ubur yang ditemukan di semua samudra dunia berpotensi menyerang manusia. Sengatan ubur-ubur berkisar dari ringan sampai parah. Beberapa ubur-ubur yang sangat beracun dan bahkan sengatan kecil dapat menyebabkan sakit parah dan iritasi, sedangkan ubur-ubur lainnya tidak berbahaya bagi manusia. Kebanyakan sengatan ubur-ubur dapat dirawat dengan pertolongan pertama, tapi beberapa jenis sengatan ubur-ubur dapat lebih parah dan memerlukan perawatan medis. Dalam kasus yang jarang, sengatan ubur-ubur yang luas atau dari spesies tertentu ubur-ubur dapat mengancam jiwa.

Gejala
Sengatan ubur-ubur dapat menyebabkan:
* Sensasi terbakar
* Menyakitkan tanda atau garis merah yang berkembang setelah beberapa menit sampai beberapa jam
* Gatal
* Kesemutan dan mati rasa
* Lepuh
* Cekot yang dapat memancarkan sebuah kaki atau lengan ke dada

Iritasi ringan hingga sedang dii kulit biasanya membaik dalam waktu satu hingga dua minggu. Dalam beberapa kasus, tanda-tanda pada kulit mungkin makan waktu satu sampai dua bulan.

Sengatan ubur-ubur yang parah dapat mempengaruhi seluruh tubuh (reaksi sistemik). Tanda dan gejala sengatan ubur-ubur yang parah dapat termasuk:
* Mual
* Muntah
* Sakit kepala
* Kejang otot
* Kelemahan
* Kesulitan mengendalikan gerakan otot
* Pusing
* Demam

Perawatan
Kebanyakan sengatan ubur-ubur bisa diobati dengan pengobatan ringan. Langkah-langkahnya meliputi:
* Menonaktifkan sengatan
Cuci dari daerah sengatan segera dengan air laut untuk menghilangkan sisa tentakel. Pastikan untuk menggunakan air laut; menggunakan air tawar dapat menyebabkan sengatan makin menjadi. Kemudian, bilas daerah sengatan dengan cuka untuk menetralkan sengatan di kulit.
* Menghilangkan sengatan yang tersisa.
Hapus sisa sengatan dengan menggunakan krim cukur atau pasta dari air laut dan baking soda atau air laut dan bedak ke daerah sengatan.
* Menghilangkan rasa sakit.
Mencuci atau merendam daerah sengatan dengan air hangat.

Sumber: mayoclinic.

(tbs/tbs)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit