detikhealth
Konsultasi Kesehatan Bersama
dr. Dhely Lesthama. SpOG

dr. Dhely Lesthama. SpOG, Dokter Spesialis Kebidanan-Kandungan di Rumah Sakit Puri Indah Pondok Indah Jl Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222. (Periode konsultasi 11 Mei 2010 hingga 6 Desember 2010)

Melahirkan Caesar Setelah Anak Pertama Caesar

Senin, 18/01/2010 10:05 WIB
Ilustrasi (Foto: embryology.med)
Saya ingin menanyakan jenis-jenis operasi caesar. Menurut pengalaman beberapa teman, ada yang sakit dan tidak sakit. Nah, saya sendiri pernah mengalami caesar dengan sakit sekitar 2 bulan lamanya. Apakah memungkinkan melahirkan normal jika anak pertama 17 bulan dan usia kehamilan kedua 7 bulan. Saya menderita mata minus 5. Terimakasih.

Hamasahputri (Menikah, 29 Tahun), endah.wida@gmail.com


Jawaban

Pada prinsipnya operasi yang dilakukan tidak boleh menimbulkan trauma pada pasien, misalnya keluhan nyeri. Di sinilah pentingnya pemeriksaan luka operasi secara rutin. Umumnya pemeriksaan tersebut dilakukan dua sampai tiga kali sejak pulang dari rumah sakit dengan jarak satu minggu.

Keluhan nyeri paska operasi dapat merupakan suatu komplikasi yang timbul pada masa pemulihan dan umumnya terjadi karena perlengketan pada fase pemulihan tersebut. Untuk itulah pasien diharapkan segera melakukan mobilisasi atau bergerak secara bertahap satu sampai dua hari setelah operasi agar mempercepat pemulihan dan mengurangi risiko perlengketan.

Tidak semua bekas operasi sesar harus dioperasi kembali, kecuali jika Ibu sudah mengalami sesar dua kali. Namun dalam kasus ini, sebaiknya dilakukan operasi kembali karena jarak antara kehamilan kurang dari dua tahun.

dr.Dhely Lesthama.SpOG
Dokter Spesialis Kebidanan-Kandungan, praktik di Rumah Sakit Puri Indah Pondok Indah Jl Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222
 
(ir/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit