detikhealth
Konsultasi Kesehatan Bersama
Dr. Hermansyur Kartowisastro, SpB-KBD

Dr. Hermansyur Kartowisastro, SpB-KBD adalah Dokter Spesialis Bedah, Konsultan Bedah Digestif, Minimal Invasive Surgeon. Praktik di RS PONDOK INDAH PONDOK INDAH Jakarta dan Klinik Saluran Cerna RS PURI INDAH PONDOK INDAH Jakarta Barat.

Nyeri Ulu Hati Karena Batu Empedu

Rabu, 27/01/2010 10:15 WIB
Ilustrasi (Foto: choa.org)
Dok, setiap bulan saya mengalami sakit dan nyeri sekali di bagian ulu hati sebelah kanan sampai ke bagian punggung, rata-rata selama enam jam dan diakhiri mual dan muntah. Saya konsultasi ke dokter spesialis bagian dalam di daerah Medan. Setelah dilakukan USG, dokter menganalisa ada batu empedu dan harus segera diendoskopi untuk mengeluarkan batu empedu dan nantinya akan keluar dengan sendirinya melalui pencernaan (BAB).

Setelah di endoskopi dan diberi antibiotik melalui suntik nadi 2 kali/10mil x satu hari selama seminggu. Tiga minggu setelahnya saya kembali mengalami sakit seperti semula selama 5 jam diakhiri dengan mual, muntah.

Pertanyaannya apa saya punya penyakit lain? Kalau memang saya punya penyakit batu empedu, apa batu empedu bisa tuntas sembuh melalui endoskopi atau harus dioperasi atau diangkat? Terimakasih.

Tulus R Sianturi (Pria Menikah, 33 Tahun), tulussi@yahoo.co.id


Jawaban

Batu empedu dapat berada di hati, saluran empedu atau di kantung empedu. Untuk batu empedu yang berada di hati sangat jarang. Yang di saluran empedu biasanya gejalanya berupa kolik seperti yang Bapak keluhkan disertai sakit kuning (mata menjadi kuning) akibat tersumbatnya aliran empedu. Untuk ini dapat dilakukan pengeluaran dengan Endoskopi.

Sedangkan yang di dalam kantung empedu dapat menyebabkan kolik seperti di atas, terutama jika makan banyak lemak disertai sakit kuning. Untuk ini perlu dilakukan operasi (sekarang dengan cara bedah minimal invasif) dengan mengangkat kantung empedu beserta batunya. Perlu diingatkan bahwa zat empedu dibuat di hati bukan di kantung empedu. Jadi setelah pengangkatan kantung empedu masih ada zat empedu.

Dr. Hermansyur Kartowisastro, SpB-KBD
Dokter Spesialis Bedah, Konsultan Bedah Digestif, Minimal Invasive Surgeon, Praktik di RS PONDOK INDAH PONDOK INDAH (Lantai 1) Jl. Metro Duta Kav UE Pondok Indah, Jakarta. Telepon 021 765 7525 Ext 1314/1251 dan Klinik Saluran Cerna RS PURI INDAH PONDOK INDAH Jl. Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222.
 
 
(ir/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
Must Read close