detikhealth

Bibir Sumbing

Teguh Budi Santoso - detikHealth
Senin, 01/02/2010 17:04 WIB
Ilustrasi: repro
DATA PENYAKIT, Deskripsi
Bibir sumbing adalah cacat bawaan lahir. Proses terjadinya bibir sumbing dimulai pada tujuh minggu setelah pembuahan. Pada minggu kelima hingga kedua belas mulai terjadi pembentukan mulut dan langit-langit mulut. Pada kurun waktu ini bisa jadi janin kekurangan zat besi atau mengalami radiasi tertentu yang menyebabkan pembelahan sel (sel di bibir) tidak sempurna. Oleh karena itu pada saat kelahiran, bayi mengalami bibir sumbing. Perlu diketahui bahwa satu di antara 809 anak mengalami bibir sumbing.

Gejala
Gejala bibir sumbing bervariasi. Umumnya terjadi fusi yang tidak sempurna di bibir.

Pengobatan
Tujuan pengobatan adalah untuk memastikan anak memiliki ucapan yang baik, untuk meningkatkan penampilan wajah, dan memudahkan fungsi rahang dan gigi untuk menggigit. Operasi bibir usmbing biasanya dilakukan antara dua dan enam bulan setelah kelahiran, meskipun ada juga yang dioperasi setelah usia dewasa. Bayi dengan bibir sumbing ganda harus mendapatkan perawatan gigi khusus untuk membentuk kembali rahang atas mereka sebelum operasi perbaikan bibir.

Sumber: disarikan dari beberapa sumber.

(tbs/tbs)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
Must Read close