detikhealth

Radang Selaput Dada

Teguh Budi Santoso - detikHealth
Selasa, 09/02/2010 10:50 WIB
Ilustrasi: repro
DATA PENYAKIT, Deskripsi
Radang selaput dada adalah peradangan pada lapisan jaringan tipis di sekitar paru-paru. Lapisan tipis, dikenal sebagai pleura yang letaknya di sekitar paru-paru. Pleura berfungsi melancarkan gerakan antara dinding dada dan paru-paru untuk bernapas. Pleura menjadi kasar dan kaku ketika meradang. Karena paru-paru mengembang, peradangan ini membuat pernapasan menyakitkan.

Tanda dan Gejala
Sakit dengan napas adalah gejala yang paling umum dari radang selaput dada. Nyeri di dada sering digambarkan sebagai "knifelike". Rasa sakit meningkat setiap kali menarik napas. Orang yang terkena sering bernapas pendek-pendek untuk mengurangi rasa sakit radang selaput dada. Pernapasan pendek dalam waktu lama dapat mengakibatkan runtuhnya bagian paru-paru yang dikenal sebagai atelektasis.

Pengobatan
Pengobatan ditujukan untuk mengurangi peradangan pleura. Hal ini biasanya dilakukan dengan obat anti inflamasi seperti ibuprofen.

Sumber: disarikan dari discovery health.


(tbs/tbs)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit