detikhealth

Turun Berok, Apaan Tuh?

Nurul Ulfah - detikHealth
Jumat, 19/02/2010 16:30 WIB
Halaman 1 dari 3
(Foto: medicinenet)
Jakarta, Awas jangan angkat berat-berat nanti turun berok! Kalimat seperti itu mungkin sudah sering didengar dan umumnya yang diketahui masyarakat turun berok banyak menyerang pria.

Apa sebenarnya turun berok itu?

Turun berok dalam istilah medis dikenal sebagai hernia. Istilah turun berok lebih banyak dipakai untuk menunjukkan sakit di bagian perut bawah (berok).

Hernia atau turun berok ini adalah keluarnya organ usus dari tempat seharusnya. Penjelasan sederhananya yaitu usus melorot lewat lubang locus minoris. Jika ada tekanan besar, usus bisa 'brojol' melalui lubang tersebut.

Sebenarnya tak hanya pria yang doyan angkat barang berat saja yang bisa terkena hernia, anak-anak dan wanita pun bisa mengalaminya.

Bagaimana usus bisa melorot? Setidaknya ada dua hal yang menjadi penyebabnya.

Pertama, karena dinding penahan ususnya lemah. Lemahnya dinding penahan ini bisa disebabkan beberapa hal, misalnya karena sudah tua, punya penyakit diabetes (kencing manis) dan penyakit sistemik seperti SLE.Next

Halaman 1 2 3
(fah/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit