detikhealth

Iritasi Akibat Kosmetik Kadaluarsa

Vera Farah Bararah - detikHealth
Kamis, 25/02/2010 16:00 WIB
Iritasi Akibat Kosmetik Kadaluarsa(Foto: healthtrition)
Jakarta, Rata-rata perempuan menyimpan peralatan kosmetika hingga 4 tahun. Padahal kosmetika sama seperti makanan tidak bisa bertahan lama. Jika makanan biasanya memiliki tanggal kadaluarsa yang jelas tidak begitu dengan peralatan kosmetik. Tahu-tahu badan sudah iritasi dan kena infeksi akibat kosmetik kadaluarsa.

Perempuan terkadang tidak memperhatikan kapan dirinya pertama kali menggunakan alat make up tersebut. Padahal itu merupakan salah satu kunci untuk mengetahui sampai kapan make up tersebut bisa digunakan.

Apa yang terjadi jika memakai kosmetik kadaluarsa?

Seperti dikutip dari Dailymail, Kamis (25/2/2010), seiring waktu bakteri dapat masuk ke dalam alat make up yang sudah pernah dipakai atau terbuka. Hal ini bisa menyebabkan bakteri tersebut ditransfer ke wajah yang dapat menimbulkan iritasi atau infeksi.

1. Alat make up yang digunakan di mata seperti maskara, eye liner atau eye shadow yang sudah terlalu lama bisa menjadi tempat berkembang biak bakteri yang dapat menyebabkan sakit mata konjungtivitis dengan gejala kemerahan, gatal dan bengkak.

2. Make up lipstik, lip balm atau lip gloss yang sudah terlalu lama dapat menyebabkan bibir kering, iritasi dan yang paling parah adalah kulit melepuh.

3. Sedangkan untuk kuas kotor yang digunakan dapat menjadi tempat ideal untuk perkembangbiakan mikroorganisme yang dapat menyebabkan herpes, kurap atau impetigo yaitu penyakit menular yang mengakibatkan kulit lecet-lecet.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Debenhams, sekitar 89 persen perempuan tidak tahu mengenai informasi yang terkandung di dalam make upnya, tidak bisa memahami serta tidak pernah membacanya. Sebanyak 68 persen perempuan mengaku mengganti make up jika sudah kehabisan dan tak peduli berapa lama waktu yang diperlukan dan 72 persen perempuan tidak pernah mencuci kuas atau spons make up.

Rekomendasi waktu pengunaan kosmetik adalah:

  1. Maskara selama 6 bulan.
  2. Eye shadow atau blush on selama 24 bulan.
  3. Lipstick dan lip gloss selama 24 bulan.
  4. Eye liner dan lip liner selama 18 bulan.
  5. Parfum 36 bulan sejak pertama kali digunakan.

"Sebaiknya perempuan tidak perlu ragu untuk membuang make up yang sudah melebihi batas waktu, ini penting untuk melindungi dirinya dari berbagai jamur ataupun bakteri yang dapat menginfeksi," ujar Sara Stern, juru bicara Debenhams.

Salah satu ciri yang menandakan alat make up tersebut sudah melebihi batas waktunya berdasarkan bau dan warnanya yang mulai berubah. Bahaya yang bisa ditimbulkan dari penggunaan make up kadaluarsa ini mulai dari gatal, iritasi ringan hingga masalah dermatitis lain yang lebih serius.

(ver/ir)


Punya pengalaman menarik seputar diet ? Kirimkan disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit