detikhealth
Konsultasi Kesehatan Bersama
Dr Aditya Suryansyah Sp. A

Dr Aditya Suryansyah Sp A adalah dokter spesialis anak yang berpraktik di RSAB Harapan Kita Jakarta dan RSIA Buah Hati Ciputat. (Periode konsultasi: 7 Juli 2009 hingga Maret 2013)

Cairan di Buah Zakar Anak

Irna Gustia - detikHealth
Senin, 01/03/2010 13:30 WIB
Ilustrasi (Foto: Adam)
Jakarta, Sewaktu hamil dokter kandungan mendiagnosa ada cairan di buah zakar anak saya. Setelah melahirkan memang terlihat agak besar. Diagnosa dokter, anak hidrokel karena diteropong dengan senter terlihat ada cairan. Usianya sekarang 4 bulan, dari hari ke hari terlihat mulai agak mengecil. Apakah berbahaya? Bagaimana cara pengobatannya? Mohon penjelasannya. Terimakasih

Wiwi Kurniati (Perempuan Menikah, 29 Tahun), wi2_qrniati@yahoo.co.id


Jawaban


Hidrokel adalah cairan yang melapisi buah zakar (testis). Hidrokel biasanya tidak dilakukan tindakan bila tidak membesar berlebihan. Secara alamiah pada usia 7 bulan akan mengecil dengan sendirinya. Bila dilakukan tindakan berlebihan atau operasi pengambilan cairan saat usia dini, biasanya cairan akan terisi kembali. Usia putra ibu sudah 4 bulan dan sekarang cairan di buah zakar anak ibu sudah mengecil, kita evaluasi saja sampai usia 7 bulan.

Dr Aditya Suryansyah SpA

RSAB Harapan kita , Jln Let Jen.S Parman Kav 87, Slipi, Jakarta Barat, Telp 5668284
RSIA Buah Hati, Jln Aria Putra 399, Sarua Indah, Ciputat, Telp. (021) 74639229 atau 74632222.
(ir/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit