detikhealth
Konsultasi Kesehatan Bersama
dr Eddy Karta SpKK

dr Eddy Karta SpKK, Dokter spesialis kulit dan kelamin di RS Cipto Mangunkusumo Divisi Geriatri Dermatologi, Dept. Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin Jl. Diponegoro. 71 Jakarta Pusat. Edmo Clinic Jalan Cikajang No 82 Jakarta Selatan. Telp. 62-21-7262072.

Apakah Turun Berok Mengganggu Kesuburan?

Senin, 08/03/2010 10:30 WIB
Ilustrasi (Foto: Adam)
Saya menderita hernia yang sudah cukup lama. Pertanyaan saya apakah ada pengaruhnya dengan kesuburan reproduksi pria? Apakah ada pengaruhnya dengan kemampuan berhubungan seks nantinya? Jika harus operasi, apakah ada efek samping mengingat saya juga rutin bermain bola? Apakah bisa sembuh total apabila diobati dengan baik? Terimakasih.

Sugeng (Pria Lajang, 28 Tahun), x_gank@yahoo.com


Jawaban


Hernia atau turun berok ada bermacam-macam gejalanya seperti yang masuk kantong kemaluan (skrotum). Hernia adalah kondisi keluarnya organ usus dari tempat seharusnya. Penjelasan sederhananya yaitu usus melorot lewat lubang locus minoris. Jika ada tekanan besar, usus bisa keluar melalui lubang tersebut

Hernia tidak mempengaruhi kesuburan pria. Karena hernia ini gangguan saat usus yang seharusnya di dalam rongga perut terdorong keluar oleh karena lemahnya dinding rongga perut.

Hernia sendiri tidak mengganggu reproduksi namun bila dibiarkan sampai usus terperangkap, hal ini malah berbahaya karena usus yang terperangkap atau terjepit bisa mati dan memberi masalah besar. Kondisi ini merupakan kedaruratan medis.

Selama hernia masih kecil, itu dapat kembali pulih sempurna dan Anda masih dapat tenang cukup mengobservasi saja. Usahakan jangan banyak kegiatan yang membutuhkan Anda untuk mengedan, misalnya mengangkat beban terlalu berat.

Tapi jika hernia ini terus semakin besar seiring waktu maka sebaiknya anda konsultasi dengan dokter. Dokter yang menangani pengobatan hernia adalah dokter bedah digestif. Tentunya penyakit ini bisa sembuh sempurna saat dinding yang lemah sudah dikoreksi.

dr Eddy Karta SpKK


RS Cipto Mangunkusumo
Divisi Geriatri Dermatologi, Dept. Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin
Jl. Diponegoro. 71 Jakarta Pusat.

Edmo Clinic

Jalan Cikajang No 82 Jakarta Selatan. Telp. 62-21-7262072
(ir/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit