detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

Kapan si Putri Dapat Menstruasi Pertama?

Vera Farah Bararah - detikHealth
Senin, 15/03/2010 09:23 WIB
(Foto: brainz.org)
Jakarta, Menstruasi adalah proses alami yang dialami perempuan. Kapan biasanya anak perempuan 'datang bulan' pertama kali? Adakah umur yang ideal? Bagaimana jika sudah masuk umurnya belum juga kedatangan si tamu bulanan?

Setiap anak perempuan memiliki waktu menstruasi pertama kali yang berbeda-beda. Ada yang terjadi saat masih di sekolah dasar atau ada juga yang mengalaminya saat sudah memasuki sekolah menengah pertama. Faktor ini biasanya didasarkan pada kapan terjadinya kematangan sel telur dari setiap perempuan.

Seperti dikutip dari Womenshealth, Senin (15/3/2010) usia rata-rata seorang putri mengalami menstruasi pertama adalah saat usia 12 tahun.

Tapi tidak berarti setiap perempuan mendapat menstruasi di usia yang sama, seorang anak perempuan bisa mendapatkan menstruasi pertamanya antara usia 8-15 tahun. Sebagian besar perempuan mendapatkan menstruasi pertama 2 tahun setelah payudaranya mulai tumbuh.

Pada saat menstruasi tingkat hormon estrogen mulai meningkat. Estrogen memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan perempuan. Estrogen juga membuat lapisan rahim tumbuh dan menebal, lapisan ini adalah tempat untuk memberi makan embrio jika terjadi kehamilan.

Pada saat lapisan rahim berkembang, sel telur di salah satu indung telur akan mulai matang. Sekitar hari ke-14 dari rata-rata siklus 28 hari, maka sel telur akan meninggalkan ovarium (ovulasi) dan bergerak menuju tabung tuba di rahim. Jika sel telur tidak dibuahi, ia akan hancur dan kadar hormon menurun serta lapisan rahim menebal, inilah yang dialami jika sedang menstruasi.

Perempuan biasanya akan mendapatkan menstruasi secara rutin setiap bulannya hingga ia mengalami menopause. Menopause terjadi antara usia 45-55 tahun dan umumnya terjadi sekitar usia 50 tahun. Pada masa itu seorang perempuan tidak lagi memproduksi sel telur (ovulasi) sehingga tidak mungkin lagi untuk hamil.

Jika seorang gadis belum juga mendapatkan menstruasi saat usianya sudah 15 tahun atau sudah lebih dari 2-3 tahun sejak payudaranya mulai tumbuh, maka sebaiknya ia mengkonsultasikan masalah tersebut dengan dokter

Seorang perempuan harus mengonsultasikan ke dokter jika belum mendapat menstruasi hingga usia 15 tahun, jangka waktu menstruasi tiba-tiba berhenti hingga 90 hari, memiliki periode menstruasi yang tidak teratur, mengalami sakit yang parah saat menstruasi, mengalami menstruasi hingga lebih dari 7 hari atau mengalami menstruasi yang hebat hingga membutuhkan lebih dari satu pembalut setiap 1-2 jam.

(ver/ir)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit