detikhealth

Mengatasi Pusing dan Pingsan Saat Hamil

Merry Wahyuningsih - detikHealth
Selasa, 23/03/2010 12:40 WIB
Halaman 1 dari 5
Ilustrasi (Foto: buzzle)
Jakarta, Kehamilan adalah saat ketika banyak perubahan hormon terjadi di dalam tubuh. Jadi mungkin ada beberapa konsekuensi yang tak diinginkan dari perubahan hormon tersebut. Salah satunya adalah keluhan sering pusing dan pingsan selama kehamilan.

Tak jarang wanita hamil merasa pusing bahkan pingsan. Ketika hamil, sistem kardiovaskular mengalami perubahan dramatis, seperti detak jantung naik, jantung memompa lebih banyak darah per menit dan jumlah darah dalam tubuh bertambah sebesar 40 hingga 45 persen.

Selama kehamilan normal, tekanan darah secara bertahap berkurang pada awalnya dan mencapai titik terendah di tengah kehamilan. Kemudian mulai naik, kembali ke tingkat regulernya pada akhir kehamilan.

Sebagian besar waktu, sistem kardiovaskular dan sistem saraf mampu menyesuaikan diri dengan semua perubahan ini, tetapi kadang-kadang mereka tidak mampu. Ketidakmampuan itu dapat membuat wanita hamil merasa pusing atau bahkan pingsan. Jika pingsan, itu bisa menjadi tanda bahwa ada sesuatu yang salah, dan harus segera menghubungi dokter.

Seperti dilansir dari BabyCenter, Selasa (23/3/2010), ada beberapa penyebab umum pusing dan pingsan selama kehamilan, yaitu:

1. Berdiri terlalu cepat

Ketika seseorang duduk, darah cenderung berkumpul di ekstremitas bawah, yaitu kaki dan kaki bagian bawah. Ketika seseorang tiba-tiba berdiri, maka darah yang kembali dari kaki ke jantung tidak cukup banyak. Akibatnya, tekanan darah tiba-tiba turun, menyebabkan pusing karena jumlah darah dan oksigen di dalam otak tidak mencukupi.Next

Halaman 1 2 3 4 5
(mer/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit