Perut Penuh Gas Saat Hamil

Vera Farah Bararah - detikHealth
Selasa, 30/03/2010 13:30 WIB
Ilustrasi (Foto: healthplusclinics)
Jakarta, Ibu hamil akan merasa perutnya penuh dengan gas. Banyaknya gas yang dihasilkan ini membuat perut menjadi kembung dan sering bersendawa.

Setiap orang baik sedang hamil atau tidak memiliki gas di dalam tubuhnya. Namun jumlah gas akan mengalami peningkatan lebih banyak selama orang tersebut hamil, hingga terkadang seseorang harus bersendawa beberapa kali.

Seperti dikutip dari Babycenter, Selasa (30/3/2010) penyebab utama perut kembung saat hamil karena memiliki jumlah hormon progesterone yang lebih tinggi. Hormon ini akan merilekskan jaringan otot halus di seluruh tubuh termasuk pada saluran pencernaan.

Relaksasi ini dapat memperlambat proses pencernaan, hal ini mengakibatkan banyaknya gas yang dihasilkan sehingga perut menjadi kembung dan membuat orang sering bersendawa. Perut yang kembung umumnya menimbulkan sensasi tersendiri di dalam usus terutama setelah makan besar.

Saat hamil, rahim akan tumbuh dan menimbulkan banyak rongga di perut. Hal ini juga menyebabkan proses pencernaan melambat dan mendorong perut terasa kembung setelah makan. Selama hamil seseorang juga mengalami mulas atau konstipasi, meskipun gangguan ini tidak pernah dialami sebelumnya.

Banyaknya gas yang ada di dalam saluran pencernaan bisa diakibatkan oleh dua cara yaitu masuknya udara saat seseorang sedang makan serta ketika bakteri di dalam usus besar (colon) mencerna makanan.

Sebagian besar gas dihasilkan oleh bakteri di usus besar yang menghancurkan sisa makanan setelah dicerna secara tidak sempurna oleh lambung dan usus kecil.

Pada saat hamil, proses pencernaan akan melambat sehingga memberikan waktu lebih banyak untuk bakteri mencerna makanan sebelum akhirnya dikeluarkan.

Akibat waktunya lebih banyak, maka proses fermentasi juga semakin besar yang mengakibatkan produksi gas semakin banyak. Sebenarnya faktor apapun yang dapat memperlambat fungsi usus akan menimbulkan gas tambahan dalam tubuh.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh ibu hamil untuk mengurangi jumlah gas di dalam tubuhnya sehingga perut tidak terasa terlalu besar, yaitu:
  1. Usahakan untuk tidak makan dalam jumlah banyak, biasakan untuk makan dalam jumlah kecil namun sering.
  2. Usahakan untuk mengunyah makanan secara menyeluruh dan tidak berbicara saat sedang makan serta membatasi banyaknya air yang diminum saat makan.
  3. Menghindari berbagai makanan atau minuman yang mengandung banyak gas sehingga perut tidak terasa semakin kembung.
  4. Gunakanlah pakaian yang longgar dan nyaman sehingga tidak menyebabkan sesak di daerah pinggang dan perut.
  5. Melakukan olahraga seperti jalan cepat dapat membantu proses pencernaan sehingga dapat mengurangi jumlah gas di dalam tubuh.
  6. Mempertimbangkan untuk melakukan latihan yoga atau hal lain yang dapat membantu seseorang belajar relaksasi dan teknik pernapasan dengan baik. Hal ini akan mempengaruhi jumlah udara yang ikut tertelan saat sedang gembira, gelisah atau makan.
 (ver/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit