detikhealth

Bagaimana Pengobatan Perkapuran Prostat?

Senin, 05/04/2010 14:10 WIB
Ilustrasi (Foto: liv.ac.uk)
Dokter, hasil medical check up menyatakan bahwa saya terkena Kalsifikasi Prostat. Ini penyakit apa dokter? Apakah penyebab dan akibatnya? Lalu apa yang harus saya lakukan? Selama 5 tahun terakhir saya kesulitan menahan kencing (sering kencing, tapi tidak banyak airnya), apakah ada hubungannya dengan Kalsifikasi Prostat ini? Jika diobati, berapa kira-kira biayanya? Terimakasih

Bambang (Pria Menikah, 40 Tahun), nirwana07@ymail.com


Jawaban

Perkapuran prostat biasanya terdeteksi dengan pemeriksaan Ultrasonografi Prostat. Tanda ini biasanya terdapat pada infeksi kronis prostat (Prostatitis Kronis). Keluhan yang sering adalah nyeri atau rasa tidak nyaman di perut bawah, daerah selangkangan di bawah kemaluan atau kadang ditemukan sperma berdarah.

Keluhan berkemih muncul sebagai gejala-tanda awal infeksi saluran kemih bawah yang merupakan penyebab infeksi-peradangan pada prostat. Keluhan-keluhan berkemih seperti urin menetes dengan frekuensi lebih dari 10 kali kadang disertai nyeri saat berkemih. Konsultasikan lebih dulu dengan Urolog. Biasanya dilakukan analisis urin, sedian pijat prostat atau kultur urin untuk mebuktikan adanya infeksi.

Dr. Y Soni, Sp.U
Dokter Spesialis Bedah Urologi. Praktik di RS PURI INDAH, Jl. Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222(ir/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit