detikhealth

Sensasi Terbakar di Payudara

Merry Wahyuningsih - detikHealth
Kamis, 08/04/2010 08:07 WIB
Halaman 1 dari 3
Ilustrasi (Foto: cancer-fund)
Jakarta, Sensasi terbakar pada payudara wanita bukanlah kondisi yang wajar. Ada banyak hal yang menyebabkan kondisi ini. Beberapa diantaranya adalah gangguan yang normal pada tubuh wanita, tapi bisa juga karena suatu penyakit yang parah.

Seperti dilansir dari Ehow dan Buzzle, Kamis (8/4/2010), kemungkinan penyebab rasa terbakar di payudara antara lain:

1. Paresthesia
Paresthesia merupakan suatu sensasi abnormal kulit. Ditandai dengan rasa terbakar, menusuk, gatal atau kesemutan di payudara. Faktor mendasar yang tepat untuk paresthesia masih belum diketahui. Namun, profesional medis percaya bahwa ada kondisi-kondisi medis tertentu yang dapat menimbulkan paresthesia.

Gangguan gizi, trauma fisik, penyakit jaringan ikat, keganasan, keracunan oleh logam berat (seperti merkuri, timbal dan arsen), infeksi seperti penyakit Lyme dan penyakit genetik seperti porfiria bisa menyebabkan paresthesia.

2. Diabetes
Rasa terbakar di payudara dan ketiak sering dikaitkan dengan diabetes. Diabetes sering menyebabkan jeratan saraf. Jika suplai saraf payudara terpengaruh bisa menyebabkan rasa nyeri, kesemutan dan sensasi terbakar.

3. Terbakar sinar matahari
Jika Anda berjemur di bawah sinar matahari untuk waktu yang lama, sengatan matahari bisa menjadi alasan terjadinya sensasi terbakar di payudara. Sinar ultraviolet pada matahari bisa menyebabkan kerusakan dermis kulit.

Dermis adalah lapisan kulit yang ada di bawah lapisan teratas kulit atau epidermis. Kerusakan yang disebabkan oleh sengatan sinar matahari jauh lebih dari apa yang tampak dari luar.Next

Halaman 1 2 3
(mer/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

  • Komentar
  • Komentar
  • Komentar
  • Komentar
  • Komentar
  • Komentar
  • Komentar
  • Komentar

Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit