detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

Penyebab Tubuh Pendek Lionel Messi

Vera Farah Bararah - detikHealth
Kamis, 08/04/2010 10:10 WIB
Halaman 1 dari 3
(Foto: newsoftheworld.co.uk)
Jakarta, Andai saja tak melakukan terapi hormon, tubuh pesepakbola Lionel Messi mungkin tingginya hanya 150-an centimeter saja. Kekurangan hormon pertumbuhan (growth hormone deficiency) membuat tinggi Messi tersendat dan hal ini juga dialami banyak jutaan anak-anak dunia.

Seperti dikutip dari Askmen, Kamis (8/4/2010) penyerang Barcelona kelahiran 24 Juni 1987, ini sempat memiliki masalah kesehatan saat berusia 11 tahun yakni mengalami kekurangan hormon pertumbuhan (growth hormone deficiency).

Padahal saat itu dia sudah bermain bola di negara asalnya Argentina. Manajemen Barcelona yang melihat bakatnya, akhirnya mau mengeluarkan kocek US$ 900 per bulan untuk terapi hormon dengan syarat Messi akan bermain di klub Spanyol itu.

Dengan terapi hormon, Messi berhasil menambah tingginya hingga menjadi 169 cm. Untuk ukuran orang Indonesia, Messi masih terbilang lumayan tinggi. Tapi untuk ukuran pemain bola dunia yang rata-rata 180 cm, tentu saja Messi terlihat mungil.

Tapi tidak memiliki tinggi badan yang optimal, Messi masih tetap bisa berkarir seperti layaknya pemain bola lain dan menjadi salah satu pemain sepakbola terbaik di dunia. Dan masalah kekurangan hormon bisa disembuhkan dengan terapi hormon.

Kekurangan hormon pertumbuhan merupakan salah satu gangguan kelenjar pituitary (sebuah kelenjar kecil yang terletak di dasar otak).

Kelenjar ini berfungsi memproduksi hormon pertumbuhan dan hormon lainnya. Ketika kelenjar ini tidak bisa menghasilkan hormon yang cukup, maka pertumbuhan seseorang akan lebih lambat dibandingkan dengan lainnya.Next

Halaman 1 2 3
(ver/ir)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit