detikhealth

Penyempitan Pembuluh Darah Sembuh Tanpa Operasi

Merry Wahyuningsih - detikHealth
Kamis, 15/04/2010 17:19 WIB
Halaman 1 dari 2
Proses PCI (dok. detikHealth)
Jakarta, Pasien penyempitan pembuluh darah di arteri jantung kiri (Left Main/LM) biasanya disarankan untuk melakukan operasi Pintas Jantung. Tapi tanpa perlu operasi, masalah penyempitan pembuluh darah kini bisa diatasi.

Dan Indonesia kini menjadi satu dari sedikit negara-negara di Asia yang mampu menangani penyempitan pembuluh darah arteri jantung Left Main tanpa operasi. Dengan tanpa operasi, biaya menjadi lebih murah dan pasien tak perlu menjalani rawat inap.

"Selama ini apabila terjadi penyempitan pada LM, para ahli penyakit jantung umumnya akan menyarankan pasien untuk melakukan operasi Pintas Jantung, namun kendalanya tidak semua penderita jantung mau melakukan operasi Pintas Jantung," ujar Dr dr Muhammad Munawar, SpJP (K), FIHA, FESC, FACC, FSCAI, FAPSIC, FASCC, FCAPSC, ahli penyakit jantung RS Khusus Jantung Binawaluya, dalam acara Media Briefing & Experience di RS Khusus Jantung Binawaluya, Jl TB Simatupang, Jakarta, Kamis (15/4/2010).

Penyempitan Left Main (LM) adalah penyempitan pembuluh darah arteri jantung yang terpenting yang terletak pada pangkal pembuluh utama kiri jantung manusia.

Penyempitan ini paling sering disebabkan oleh aterosklerosis, yaitu timbunan plak berupa endapan lemak, trombosit, makrofag dan leukosit yang dapat menyebabkan penyumbatan darah.

Penyempitan pada LM merupakan kasus penyakit jantung koroner yang paling berbahaya. Apabila terjadi penyempitan, maka hampir 2/3 bagian jantung tidak mendapat oksigen dan nutrisi yang cukup, sehingga pasokan darah ke jantung pun akan berkurang. Kondisi ini akhirnya mengakibatkan kerusakan pada otot jantung yang dapat menyebabkan kematian.

Dr Munawar mengatakan penanganan kasus LM tanpa bedah dilakukan melalui suatu teknik yang disebut Intervensi Koroner Perkutan atau Percutaneous Corronary Intervention (PCI).Next

Halaman 1 2
(mer/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit