detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

Geger Otak dan Hilang Ingatan

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Jumat, 23/04/2010 13:47 WIB
Halaman 1 dari 2
Ilustrasi (Foto: deltasurgical.co.uk)
Phoenix, Gara-gara terpeleset lalu jatuh, ingatan selama 46 tahun lenyap begitu saja. Ini terjadi pada seorang pria di Phoenix, Arizona yang terpaksa harus mempelajari lagi setiap detail perjalanan hidupnya karena geger otak.

Dilansir dari AOL, Kamis (23/4/2010), pria bernama Scott Bolzan tersebut mengalami retrograde amnesia. Sedikitpun ia tak mampu mengingat kejadian-kejadian di masa lalu termasuk foto pernikahan dan bahkan anak istrinya sendiri.

Satu-satunya yang dia ingat adalah ketika ia pergi ke kamar mandi, lalu terpeleset ketika melewati genangan yang ia pikir air sabun. Kepalanya terbentur dan oleh dokter ia didiagnosis mengalami gegar otak.

Seorang neurologis, Dr. Ravish Patwardhan mengatakan kemungkinan Bolzan mengidap sakit ayan tetapi tidak terdeteksi. Pada beberapa kaus, ayan atau epilepsi juga bisa melenyapkan memori otak.

Pemindaian terhadap otak Bolzan memang tidak menunjukkan adanya aliran darah ke temporal-lobe sebelah kanan, yakni bagian otak yang menyimpan memori jangka panjang. Ia harus dikenalkan kembali kepada istrinya, dan rajin melihat foto-foto untuk mengingat kembali setiap detail masa lalunya.

Namun Dr. Ravish meyakini, Bolzan tidak mengalami anterograde amnesia karena masih mampu mengingat kata-kata serta cara membaca dan menulis. Pada anterograde amnesia, kemampuan membentuk ingatan baru benar-benar diblok.

Apa itu geger otak?Next

Halaman 1 2
(ir/ir)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit