detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

Scleroderma

Agung Dwi Hartanto - detikHealth
Jumat, 23/04/2010 15:15 WIB
Ilustrasi: repro
Jakarta, Deskripsi:
Scleroderma adalah penyakit autoimun dari jaringan ikat. Penyakit autoimun adalah penyakit yang terjadi ketika jaringan tubuh diserang oleh sistem kekebalan tubuhnya sendiri. Scleroderma ditandai dengan pembentukan jaringan parut (fibrosis) di kulit dan organ tubuh lain. Hal ini menyebabkan ketebalan dan warna yang tegas di daerah yang terlibat.

Penyebab skleroderma tidak diketahui. Namun para peneliti telah menemukan beberapa bukti bahwa gen adalah faktor penting, meskipun lingkungan tampaknya juga memainkan peran pada penyakit ini. Akibatnya penyakit ini menyerang sistem kekebalan tubuh, menyebabkan cedera pada jaringan yang mengakibatkan cedera serupa dengan bekas luka pembentukan jaringan.

Fakta bahwa gen menyebabkan predisposisi untuk perkembangan scleroderma mengindikasikan bahwa warisan setidaknya juga berperan meskipun secara parsial. Selain itu, sudah lazim ditemukan penyakit autoimun lain dalam keluarga pasien skleroderma. Perlu diketahui, Penyakit ini lebih sering menyerang wanita dibandingkan dengan laki-laki.

Gejala
Gejala scleroderma tergantung pada jenis scleroderma dan sejauh mana keterlibatan eksternal dan internal pada penderita. Karena scleroderma dapat mempengaruhi kulit, esofagus, pembuluh darah, ginjal, paru-paru, tekanan darah dan usus, sehingga gejala dapat melibatkan banyak bagian tubuh. Gejala itu antara lain:
- perubahan warna jari kaki dan jari tangan. Umumnya berubah pucat kebiruan.
- kulit mengeras
- kulit wajah mengencang
- gangguan menelan
- penurunan berat badan
- diare
- sembelit

Pengobatan
Tidak ada obat yang dapat menghentikan perkembangan skleroderma. Tetapi obat dapat meredakan beberapa gejala dan mengurangi kerusakan organ. Obat herbal yang diduga dapat mengurangi gejala Scleroderma adalah Pegagan.

Sumber: dari berbagai sumber.(adh/adh)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit