detikhealth

Vaksin Dulu Sebelum Liburan

Irna Gustia - detikHealth
Senin, 26/04/2010 08:45 WIB
Halaman 1 dari 5
Ilustrasi (dok BKKBN)
Jakarta, Mau nonton Piala Dunia di Afrika Selatan atau ingin umrah ke Arab Saudi atau menjelajahi wilayah eksotik di Indonesia timur? Kemana pun perginya liburan Anda, sebaiknya persiapkan diri dengan melakukan vaksin sesuai wilayah tujuan.

Prof dr Tjandra Yoga Aditama SpP(K), MARS, DTM&H, DTCE, Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan RI dalam keterangan tertulis Senin (26/4/2010) mengingatkan pentingnya vaksinasi untuk yang ingin liburan.

Asal tahu saja, beberapa negara atau wilayah di tanah air memang masih mengalami endemik seperti malaria di Indonesia timur, meningitis di Arab saudi atau yellow fever di Afrika Selatan.

Dengan pemberian vaksin akan meminimalkan risiko tertular penyakit di daerah tujuan liburan karena vaksin memberikan sistem kekebalan terhadap tubuh.

Berikut penjelasan dr Tjandra Yoga mengenai pentingnya vaksin sebelum liburan:

Seberapa penting vaksin itu bagi seseorang. Apakah mengkonsumsi vitamin atau suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh sebagai pencegahan saja tidak cukup?

Mengkonsumsi vitamin atau suplemen untuk meningkatkan daya tubuh secara umum baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.Next

Halaman 1 2 3 4 5
(ir/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit